28.8 C
Madura
Jumat, Juli 26, 2024

Harlah dan Temu Alumni, Jelang Satu Abad Alfalah Sumber Gayam

Must read

- Advertisement -
Redaksi
Redaksihttps://mediamadura.com
Media online yang menyajikan informasi seputar Madura. Bernaung dibawah PT Media Madura Group.

Pamekasan, (Media Madura) – Pondok pesantren Al-falah Sumber Gayam, Kadur, Kabupaten Pamekasan, merupakan salah satu pesantren tertua yang ada di Madura. Pondok pesantren ini didirikan oleh KH Muhammad Thoha Jamaluddin pada tahun 1924.

Pada tahun 2023 ini usianya sudah mencapai 99 tahun. Menjelang satu abad berdirinya pondok pesantren Alfalah Sumber Gayam ini, digelar perayaan hari lahir (Harlah) yang dikemas dengan pengajian Akbar, Maulid Nabi Muhammad dan temu alumni. Minggu (15/10/2023) pagi.

Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah ulama dan kiai dari berbagai pondok pesantren termasuk mendatangkan penceramah dari Aswaja NU Center PWNU Jawa Timur, KH Makruf Khozin. Dan dihadiri oleh ribuan alumni dan wali santri.

Pengasuh pondok pesantren Al-falah Sumber Gayam KH Afifuddin Thoha mengucapkan terima kasih kepada seluruh alumni yang telah membantu pesantren dalam berbagai hal, khususnya dalam pengembangan infrastruktur maupun pembangunan ekonomi pesantren.

“Terimakasih atas seluruh sumbangan, baik materi, tenaga dan sumbangan lainnya semoga diganti oleh Allah dan menjadi amal yang tidak putus,” urainya.

Dikatakan, selama ini alumni sangat membantu dan telah memberikan perhatian besar terhadap perkembangan dan kemajuan pondok pesantren.

“Saya merasa alumni sangat perhatian dalam pengembangan pondok pesantren Al-falah, terutama dalam hal sarana dan prasarana. Ini yang selam ini menjadi perhatian kami, kekurangan sarana dan prasana yang menjadi penunjang dalam pendidikan di Sumber Gayam. Ini semua menjadi garapan para alumni,” sambungnya.

Bahkan, mantan Rais Syuriah PCNU Pamekasan ini juga menuturkan, kehadiran alumni sangat dibutuhkan oleh pondok pesantren apalagi selama ini telah banyak berkontribusinya dalam berbagai hal.

“Semua merupakan karya para Alumni. Saya atas nama jajaran pengasuh, mengucapkan terima kasih, tidak ada yang bisa kami balaskan, semoga hal itu menjadi nilai amal akhirat, dan
bisa bermanfaat kepada umat dalam pengembangan pendidikan di pesantren fiddunya wal akhirah,” pungkasnya.

Dalam pidatonya mewakili alumni dan wali santri, H. Khairul Umam yang dikenal dengan panggilan H. Her mengatakan bahwa Pondok Pesantren Alfalah Sumber Gayam merupakan pondok yang penuh dengan ilmu pengetahuan dan penuh barokah. Hal itu dirasakannya baik saat menjadi santri ataupun setelah menjadi alumni.

“Saya adalah santri, alumni Alfalah. Saya di sini mulai kelas 1 Ibtidaiyah, mulai tidak bisa apa-apa dan tidak bisa baca hingga menjadi seperti sekarang. 12 tahun saya disini. Dulu saya juga sama minum air Pet (kran),” katanya.

Bahkan, kata H. Her, barokah dari Pondok Pesantren Alfalah Sumber Gayam menjadikannya orang yang beruntung, sehingga anaknya juga dimondokkan di pesantren tersebut.

“Gambar saya sekarang ada di mana-mana, Itu adalah alumni pondok pesantren Al-falah Sumber Gayam. Barokahnya Alfalah Sumber Gayam sangat besar. Saya merasakan sendiri, sangat luar biasa. Anak saya mondok juga mondok di sini. Saya yakin jebolan pondok pesantren Al-falah Sumber Gayam akan banyak yang lebih terkenal dari saya,” kata pengusaha tembakau tersebut.

Menjelang satu abad usia Pondok Pesantren Alfalah Sumber Gayam, H.Her juga mengajak seluruh alumni  untuk bersama-sama berkontribusi dalam memajukan lembaga pendidikan tempatnya menimba ilmu tersebut.

“Mari semangat untuk memajukan Al-falah Sumber Gayam. Karena saya yakin Pondok pesantren Al-falah Sumber Gayam penuh barokah. Saya yakin dengan digelarnya Harlah dan temu alumni seperti ini sangat bermanfaat. Semoga Alfalah sumber Gayam semakin maju,” katanya.

Ketua Panitia Penyelenggara Hari Lahir dan Silaturahim Alumni Sumber Gayam Moh Aminollah menuturkan, gelaran acara tersebut untuk memperingati hari lahir pondok pesantren Al-falah Sumber Gayam yang sudah berusia 99 tahun.

“Ini dalam rangka memperingati hari lahir Pondok Pesantren Alfalah Sumber Gayam yang saat ini sudah berusia 99 tahun. Dan acara ini juga sebagai ajang silaturahim para alumni,” katanya.

Iya berharap agar dengan digelarnya acara tersebut memberikan kontribusi positif demi kemajuan lembaga pendidikan dan pondok pesantren Al-falah Sumber kedepan.

“Semoga perayaan Harlah satu abad Pondok Pesantren Alfalah Sumber tahun depan bisa digelar dengan lebih meriah,” pungkasnya. (Rsl/Esa)

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article