Jumat, Desember 2, 2022

Sumpah Pemuda dan Diusulkannya M.Tabrani Sebagai Pahlawan Nasional

Must read

- Advertisement -
Redaksihttps://mediamadura.com
Media online yang menyajikan informasi seputar Madura. Bernaung dibawah PT Media Madura Group.

Pamekasan, (Media Madura) – Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober tidak lepas dari peran M Tabrani. Pria dengan nama lengkap Mohammad Tabrani Soerjowitjitro saat ini telah diusulkan oleh Pemerintah Kabupaten Pamekasan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk menjadi pahlawan nasional.

M. Tabrani merupakan tokoh penting saat deklarasi sumpah pemuda tanggal 28 Oktober 1928. Ia merupakan seorang Jurnalis dan pejuang kemerdekaan. Lahir di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, pada tanggal 10 Oktober 1904 dan wafat pada tanggal 12 Januari 1984, dimakamkan di TPU Tanah Kusir Jakarta Selatan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kabupaten Pamekasan Akhmad Zaini mengatakan, pihaknya sudah mengusulkan M Tabrani sebagai pahlawan nasional dan hingga saat ini masih menunggu informasi lanjutan dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur serta pemerintah pusat.

Dikatakan, dalam mengusulkan tokoh sebagai pahlawan nasional memang tidak mudah dan membutuhkan proses panjang, sehingga pihaknya terus mengikuti setiap tahapan tersebut.

“Kita sudah usulkan beliau (M Tabrani) sebagai pahlawan nasional. Tetapi memang prosesnya lama, bukan langsung diterima,” katanya kepada media ini. Jumat (28/10/2022) pagi.

Akhmad Zaini juga menjelaskan, selain memenuhi syarat administratif, dalam mengusulkan tokoh sebagai pahlawan nasional, nantinya pemerintah kabupaten juga akan presetasi.

“Kita tunggu perkembangannya. Yang pasti kita sudah usulkan dan tentu kita sangat mendukung agar M Tabrani segera ditetapkan sebagai pahlawan nasional,” timpalnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa mencatat perjuangan M Tabrani dalam menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan sangatlah gigih. Dan mungkin tanpa perjuangan M Tabrani saat ini bisa saja bahasa persatuan bukan bahasa Indonesia.

Hal itu terlihat dari perjuangan M Tabrani di kongres pemuda I. Ia getol dan sangat gigih mengusulkan agar bahasa Indonesia menjadi bahasa persatuan.

Perjuangan M Tabrani tersebut akhirnya terwujud setelah pada kongres pemuda II bahasa indonesia disepakati sebagai bahasa persatuan.

Jasa M Tabrani sangat besar untuk bangsa Indonesia, sehingga Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud RI terus berupaya agar ia mendapatkan gelar pahlawan nasional.

Reporter : Arif
Editor : Zainol

- Advertisement -
spot_imgspot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article