Kadin Jatim dan PWI Kolaborasi Penguatan UMKM

Ketua Kadin Jatim Adik Dwi Putranto, Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim, Ketua HIPMI Jatim Rois Maming, menandatangani MoU Kerjasama Penguatan sektor UMKM, disaksikan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi, dan Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid, di sela pembukaan Expo INAPRO di GandCity Surabaya, Kamis (25/11/21). Foto / PWI Jatim
Advertisement

Pamekasan, (Media Madura) – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur, Persatuan Wartawan Indonesia Jawa Timur dan Himpunan Pengusaha Indonesia (HIPMI) Jawa Timur berkolaborasi untuk penguatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) demi percepatan pemulihan ekonomi.

Nota Kesepahaman (MoU) Kerjasama Penguatan sektor UMKM bersama ditandatangani oleh Ketua Kadin Jatim Adik Dwi Putranto,tua PWI Jatim Lutfil Hakim dan Ketua HIPMI Jatim Rois Maming, disaksikan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi, dan Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid, di na mereka adalah ujung tombak yang bisa mengubah opini masyarakat untuk mencintai produk dalam negeri.

“Kami berharap, para awak media juga akan tertarik menjadi enterpreneur, menjadi wirausaha di masa kini dan masa depan,” kata Adik.

Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim menambahkan, sebagai tindaklanjut dari kerjasama tersebut PWI Jatim akan menyelenggarakan kelas khusus pelatihan bagi jurnalis untuk memahami lebih jauh tentang UMKM.

“Apakah itu soal-soal peran UMKM yang besar terhadap ekspor,  penyerapan tenaga kerja, dan kontribusinya yang signifikan terhadap rata-rata GDP dan PDRB daerah per tahun, meski di sisi lain kerap mengalami sulitnya akses pembiayaan modal perbankan, serta rendahnya peran pemerintah dalam menembus pasar baru ekspor,” imbuh Lutfi.(Rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here