Senin, Desember 6, 2021
- Advertisement -
PeristiwaNelayan Pamekasan Demo Kantor DPRD, Minta PP No 85 Dihapus

Nelayan Pamekasan Demo Kantor DPRD, Minta PP No 85 Dihapus

Pamekasan, (Media Madura) – Puluhan nelayan Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur melakukan aksi demonstrasi ke Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat menolak Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 85 Tahun 2021, Rabu (7/10/2021).

Salah satu orator menyatakan, PP yang mengatur tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang Berlaku pada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KPP) sangat merugikan para nelayan apalagi di tengah Pandemi seperti saat ini.

“Kami (Nelayan) menolak pemberlakuan PP Nomor 85 Tahun 2021, karena sangat memberatkan para nelayan,” kata Sutan Taqdir Ali Syahbana, orator aksi.

Sutan menambahkan, DPRD sebagai wakil rakyat sejatinya harus bersama-sama nelayan menolak aturan yang diundangkan pada 19 Agustus 2021, serta mulai diberlakukan pada 18 September 2021 itu.

“Kami minta DPRD juga menolak aturan yang tidak pro rakyat itu,” teriaknya sambil menunjuk ke arah anggota DPRD.

Dalam kesempatan tersebut, DPRD Pamekasan, mendengarkan secara langsung aspirasi para nelayan. Bahkan sebagian perwakilan nelayan juga diminta memasuki gedung wakil rakyat untuk menyampaikan aspirasi secara langsung.

Hasil pertemuan yang berlangsung di ruang Komisi II DPRD Pamekasan, disepakati menolak PP no 85 tahun 2021, Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2018, serta PP Nomor 69 Tahun 2020.

“Analisa Kami di DPRD PP itu memang merugikan nelayan, oleh karena itu kami sepakat menolak PP No 85 itu,” terang Hamidi, Jubir Komisi II DPRD Pamekasan.

Pihaknya bersama 45 anggota lainnya bakal mengawal hingga ke pemerintah pusat dengan mengirim tanda tangan sebagai tanda penolakan.

“Kami akan mengirimkan surat ke Menteri,” tegas Hamidi.

PP Tersebut mengatur mengenai jenis dan tarif atas jenis PNBP yang berlaku pada Kementerian KKP yang meliputi 17 poin berbeda.

Reporter: Ahmad Rifqi /Editor: Zainol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Space Available | Kontak Kami

Pilihan Redaksi

- Advertisement -

Latest article

More article

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme