Ciptakan Wartawan Profesional, PWI Pamekasan Gelar Sekolah Jurnalis

Advertisement

Pamekasan, (Media Madura) – Dalam rangka menciptakan wartawan yang profesional dan handal, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, menggelar Sekolah Jurnalistik Angkatan Pertama 2021.

Pembukaan sekolah ini digelar di Graha PWI Pamekasan, Jl Ronggosukowati Nomor 13, Kelurahan Kolpajung, Kecamatan Pamekasan.

Pada angkatan pertama sekolah jurnalistik ini diikuti belasan peserta yang merupakan mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi. Sekolah ini digelar setiap minggu selama tiga bulan kedepan.

Selain disajikan materi secara teori, nantinya seluruh peserta juga akan langsung praktik lapangan dan ditempatkan di berbagai kantor media di wilayah Kabupaten Pamekasan.
Ketua PWI Pamekasan Abd Aziz mengatakan, diharapkan lulusan sekolah jurnalistik tersebut nantinya akan menjadi penulis dan bisa menjadi bagian dari masyarakat yang melek media dalam rangka pengayaan literasi media.

“Jikapun nantinya mau berkarir di dunia kewartawanan, maka akan menjadi wartawan yang profesional,” katanya.

Dikatakan, sekolah jurnalistik itu juga akan digelar beberapa tahap. Jika tahap pertama pesertanya adalah mahasiswa, maka pada pelaksanaan selanjutnya peserta dari berbagai organisasi dan desa.

“Hal itu agar masyarakat desa bisa melek media. Dan juga bisa merilis kegiatan-kegiatan di desanya. Bahkan bisa mengangkat potensi desanya,” katanya.

Dalam kegiatan ini, pematerinya merupakan wartawan yang berpengalaman bahkan Pemimpin redaksi dari berbagai media.

“Untuk sekolah jurnalistik angkatan pertama ini, kita sengaja batasi dengan 13 orang karena masih dalam kondisi pandemi,” ungkap pewarta kantor berita Antara ini.

Sementara itu, Sekjen PWI Pamekasan Esa Arif yang juga menjadi pemateri dalam sekolah jurnalistik itu mengatakan, meskipun peserta terbatas secara kualitas, tetapi alaj diupayakan agar lulusannya berkuakitas.

“Kita akan dampingi, akan kami arahkan dengan baik sehingga benar-benar memahami setiap materi yang diberikan dan juga siap jika diterjunkan ke lapangan,” tegasnya.(AR/NNK)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.