Per Januari 2021, 9 Ribu Penerima BPNT Sampang Dihapus

Advertisement

Sampang, (Media Madura) – Jumlah penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di wilayah Kabupaten Sampang terdapat pengurangan dari sebelumnya 104 ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menjadi 95 ribu.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sampang Moh Amiruddin melalui Kabid Pemberdayaan Fakir Miskin dan Penanganan Sosial M Nashrun menyatakan, pengurangan jumlah penerima BPNT dikarenakan ada 9 ribu KPM terhapus secara otomatis.

“Per bulan Januari 2021 sebanyak 9 ribu KPM program BPNT terhapus,” ucap Nashrun, Selasa (5/1/2021).

Dirinya menjelaskan, penghapusan penerima BPNT dikarenakan tidak adanya pembaruan data. Sehingga sinkronisasi data dengan Dukcapil pusat tidak terdeteksi.

Selain itu, faktor lainnya adalah penerima tidak melakukan transaksi selama setahun meski dana bantuan sudah masuk ke rekening.

“Karena data kependudukan di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dengan Dukcapil pusat tidak valid, makanya penerima bisa terhapus,” jelas Nashrun.

Kata Nashrun, semestinya pembaruan data kependudukan penerima bansos dilakukan setiap 5 tahun. Untuk itu, pihaknya kedepan akan terus perbaiki data-data KPM BPNT.

“Kalau tidak diperbaharui diprediksi penghapusannya terus bertambah sehingga penerima semakin sedikit,” katanya.

Dirinya menambahkan, atas penghapusan data penerima BPNT ini pihak Dinsos mengirimkan surat pemberitahuan kepada pemerintah desa agar ikut andil memperbarui data kependudukan. Sebab, pemadanan data DTKS dengan Dukcapil pusat dilakukan setiap tahun per triwulan.

Reporter : Ryan
Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.