5 Dokter dan Nakes Rumah Sakit Sampang Dinyatakan Positif COVID-19

Ilustrasi Virus Corona (foto google)

Sampang, (Media Madura) – Sebanyak 5 dokter dan tenaga kesehatan (nakes) di rumah sakit dr. Mohammad Zyn Sampang, Madura, Jawa Timur, dinyatakan positif terinfeksi virus Corona.

“Kami mendapat informasi bahwa dokter dan nakes di rumah sakit Sampang positif terpapar COVID-19, jumlah sementara ada 5 orang tapi rinciannya belum tahu,” ucap Ketua Panitia Khusus (Pansus) COVID-19 DPRD Sampang Moh Iqbal Fathoni, Jumat (18/12/2020) siang.

Fafan sapaan akrab Moh Iqbal Fathoni mengatakan, dokter tersebut salah satunya bertugas di ruang ICU, Instalasi Gawat Darurat (IDG), Anggrek, dan ruang Tulip.

Untuk itu, dirinya meminta kepada Satgas COVID-19 melakukan tes massal di rumah sakit Sampang. Upaya ini dilakukan sebagai langkah mengantisipasi dan mencegah dini penyebaran virus Corona yang bisa membahayakan tenaga medis lainnya maupun pasien.

“Sebagai langkah antisipasi harus tes massal, kalau nakes dan dokternya sudah positif lantas siapa yang mau memberikan pelayanan kesehatan,” ujarnya.

“Tim Satgas juga harus intens kembali memberikan sosialisasi dan penegakan protokol kesehatan guna mengingatkan kepada masyarakat atas pentingnya mematuhi protokol kesehatan,” imbuh Fafan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang Agus Mulyadi membenarkan hal tersebut. Namun ia tidak menjelaskan detail identitas dokter dan nakes yang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona.

“Iya benar jumlahnya 5 orang, tapi untuk identitas belum tahu karena saat ini kami masih berkoordinasi dengan Direktur dr. Mohammad Zyn mengenai informasi itu,” singkat Agus kepada Media Madura.

Menanggapi hal itu, Direktur dr. Mohammad Zyn Sampang Titin Hamidah menjelaskan, hanya tenaga kesehatan dan perawat yang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona. Mereka dinyatakan positif setelah menjalani tes swab.

“Bukan dokter tapi nakes dan perawatnya hasil tes swab, terpenting saat ini kita memberikan upaya pencegahan agar pelayanan kesehatan di rumah sakit tetap jalan dan kesehatan mereka selamat, mohon doanya agar kita semua sehat dan terhindar dari virus Corona,” singkat Titin.

Reporter : Ryan
Editor : Arif

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.