Said Abdullah Gandeng Tokoh Masyarakat Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Pamekasan

Pamekasan, (Media Madura) – Ketua Badan Anggaran DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dapil XI Jawa Timur MH Said Abdullah, menggelar sosialisasi 4 pilar kebangsaan dengan menggandeng tokoh masyarakat dan tokoh pemuda di Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Sabtu (28/11/2020) pagi.

Salah satu tokoh masyarakat yang menjadi pembicara dalam acara sosialisasi tersebut tersebut yakni KH. Muhammad Ghazi. Dalam kesempatan itu dipaparkan pentingnya menjaga 4 pilar kebangsaan.

Dijelaskan KH Ghazi, Pancasila adalah ideologi dan dasar Negara, UUD 1945 adalah Konstitusi Kegara, NKRI sebagai bentuk Negara dan Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan Negara.

“Tentu saya rasa semua sudah sangat memahami nya, keempatnya adalah merupakan satu kesatuan yang utuh, tidak dapat dipisahkan, karena merupakan tiang penyangga yang menjadi panutan dalam upaya kita menjaga keutuhan bangsa Indonesia yang kita cintai ini,” paparnya.

Tokoh agama yang juga Ketua Baitul Muslimin Indonesia DPC Kabupaten Pamekasan ini juga mencontohkan bagaimana Pancasila mampu merefleksikan nilai luhur bangsa Indonesia, seperti religiusitas, kemanusiaan, nasionalisme, gotong royong, dan keadilan semua dapat di terapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita sama-sama mengetahui, bahwa Bung Karno yang telah menggali nilai luhur Bangsa, sehingga lahirlah Pancasila dan Pancasila terbukti mampu menjawab segala tantangan baik dari lintas generasi maupun lintas zaman,” pungkasnya.

Sementara itu, Dewan Pakar Said Abdullah Institute (SAI), Nadi Mulyadi menyampaikan pentingnya memahami konsep berbangsa dan bernegara yang penuh dengan rasa toleransi atas segala perbedaan yang ada.

“Sosialisasi empat pilar ini tentunya sangat penting bagi kita agar ditanamkan dalam diri kita tentang kesadaran kepada publik, tentang konsep berbangsa yang penuh toleransi, menghargai segala perbedaan, hidup bergotong royong yang penuh rasa welas asih, dan menghargai hukum, yang ada” ujar Dewan Pakar Said Abdullah Institute (SAI), Nadi Mulyadi disela-sela acara sosialisasi empat pilar yang digelar di Kecamatan Pademawu, Pamekasan, Sabtu (28/11/2020).

Menurutnya, seluruh anggota DPR/MPR RI, ditugaskan untuk menggencarkan sosialisasi empat pilar kebangsaan ini kepada seluruh element, baik itu tentang Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika yang mempunyai satu kesatuan yang utuh dan tidak dapat dipisahkan.

Dalam kegiaran ini protokol covid-19 tetap diterapkan, seluruh peserta tetap memakai masker dan sebelum memasuki forum wajib mencuci tangan serta disediakan hand sanitizer. (Rilis)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.