Dinkes Pamekasan Imbau Masyarakat Biasakan 3M

Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pamekasan (foto:Zainol Atikurrahman)

Pamekasan, (Media Madura) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan, Madura, Jawa Timur mengharuskan masyarakat agar senantiasa membiasakan serta memperhatikan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 di era new normal dalam setiap aktivitasnya.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinkes Pamekasan, dr. Nanang Suyanto mengungkapkan, prokes covid-19 yang perlu diperhatikan adalah 3M, yakni menjaga jarak atau menghindari kerumunan, memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun. Hal itu perlu dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona melalui droplet penderita.

“Menggunakan masker itu jika kita sakit maka kita tidak akan menulari orang lain, selain itu juga dapat melindungi kita dari paparan orang lain. Mencuci tangan juga penting, khawatir tangan memegang tempat yang terkontak oleh percikan virus corona, dan menjaga jarak atau menjauhi kerumunan agar tidak terlular dan menulari,” katanya, Jum’at (27/11/2020).

Dia kembali menegaskan agar masyarakat memperhatikan prokes Covid-19, mengingat belakangan ini perkembangan kasus baru di daerahnya mengalami kenaikan. Bahkan, dalam sehari pernah ada 12 kasus positif Covid-19.

“Total kasus positif Covid-19 di Pamekasan hingga 26 November 2020 sebanyak 408 orang. Hal ini menunjukkan bahwa penularan covid-19 masih ada,” tandasnya.

Dia berharap, masyarakat dapat menghindari kegiatan yang berpotensi mengumpulkan massa banyak untuk menghindari klaster baru covid-19. Seperti pelaksaaan pilkada tanggal 9 Desember mendatang yang berpotensi berkerumunnya orang banyak.

“Dalam pilkada ini, pasti berpotensi terjadinya kerumunan dan khawatir menjadi klaster pilkada. Karena KPU sudah mengeluarkan peraturan, dan hal itu harus dipatuhi agar masyarakat terhindar dari penularan Covid-19,” pungkasnya.

Reporter: Atik
Editor: Arif

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.