DPRD Sebut Anggaran Pengamanan Pilkades 2021 Rp 5,5 Miliar Masih Rasional

Advertisement

Sampang, (Media Madura) – Wakil Ketua Komisi I DPRD Sampang Ubaidillah menilai pengajuan besaran anggaran pengamanan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 111 desa di Sampang pada tahun 2021 yang mencapai Rp 5,5 miliar masih rasional.

“Setelah kita kaji dan analisa anggaran itu sangat wajar dan masih rasional kok,” ucap Ubaidillah dibalik telepone, Selasa (24/11/2020) siang.

Alokasi anggaran pengamanan itu dianggap rasional karena pelaksanaannya serentak diikuti 111 desa di Sampang. Anggaran tersebut untuk menyiapkan segala tahapan mulai dari persiapan, pelaksanaan, hingga pasca pemilihan kepala desa.

Nantinya, kata dia, anggaran Rp 5,5 miliar ini dibagi untuk pengamanan TNI Rp 1,5 miliar dan sisanya Rp 4 miliar untuk Polri.

“Jadi kebutuhan anggaran itu disiapkan untuk segala tahapan bukan hanya saat pelaksanaan saja, pihak keamanan juga bisa dari internal Polres Sampang dan pengamanan dari luar daerah,” jelasnya.

Adapun anggaran Rp 5,5 miliar dialokasikan untuk pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2021 yang dikelola Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sampang.

Politisi Partai Golkar ini mengakui anggaran pengamanan itu jauh lebih besar dibandingkan dengan anggaran pengamanan Pilkades serentak di 38 desa pada tahun 2019.

“Pada tahun sebelumnya total anggaran pengamanan Pilkades mencapai Rp 3,5 miliar di 38 desa, kalau sekarang kan 111 desa dengan anggaran Rp 5,5 miliar, bisa juga ada penambahan anggaran pengamanan nanti,” kata Ubaidillah.

Plt Kepala DPMD Sampang Suhanto menyatakan, kini pihaknya masih melakukan pembahasan lanjutan dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) usai rapat kerja dengan legislatif.

“Kita hanya bisa mengajukan anggaran sesuai ketersediaan yang ada, kita masih menunggu keputusan dari tim anggaran,” singkatnya.

Perlu diketahui, pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2021 diikuti 111 desa di 14 kecamatan di Kabupaten Sampang. Meliputi : Kecamatan Pangarengan 1 desa, Torjun 8 desa, Kota Sampang 7 desa, Camplong 9 desa, Omben 11 desa, Kedungdung 14 desa, Jrengik 10 desa.

Kemudian, Kecamatan Tambelangan 4 desa, Banyuates 13 desa, Karang Penang 4 desa, Sokobanah 10 desa, Ketapang 4 desa, Sreseh 8 desa, dan Robatal 8 desa.

Reporter : Ryan
Editor : Zainol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here