KPU Sumenep Hanya Siapkan 1 TPS Khusus, Ini Lokasinya

Komisioner KPU Sumenep, Syaiful Rahman

Sumenep, (Media Madura) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menyiapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus pada Pilkada 9 Desember mendatang.

TPS tambahan tersebut akan berada di rumah tahanan (Rutan) Klas II B. Sebagaimana dijelaskan Komisioner KPU Sumenep, Syaiful Rahman, Selasa (16/11/2020).

Sejatinya, di Sumenep terdapat dua rutan yakni Rutan Klas IIB di Kecamatan Kota dan Rutan kepulauan Kecamatan Arjasa. Tetapi kata Syaiful, KPU hanya menyiapkan satu TPS di Rutan Kota.

Sedangkan untuk Rutan di Arjasa tidak disiapkan lantaran tidak memenuhi syarat. Sebab, sesuai PKPU Nomor 17 Tahun 2020 tentang Pemutahiran Data Pemilih, minimal pembuatan TPS ada 30 orang calon pemilih.

“Di Rutan Kecamatan Arjasa itu hanya ada 20 warga binaan. Sedangkan warga binaan di Rutan Klas IIB sebanyak 242 orang,” terangnya.

Dijelaskan Syaiful, TPS khusus yang di Rutan Kota masuk TPS 13 Desa Pabian, Kecamatan Kota. Sementara warga binaan yang ada di Rutan Arjasa masuk di TPS 9 di Desa Arjasa.

“Untuk petugas TPS khusus Rutan tersebut semuanya nanti dari petugas Rutan setempat. KPU telah berkoordinasi dengan Rutan dalam persoalan TPS khusus ini,” pungkasnya.

Reporter : Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.