Gerakan Donasi Rp 1.000 Rupiah untuk Bantu Warga tidak Mampu di Pamekasan

Pamekasan, (Media Madura) – Uang sebesar Rp 1000 nilainya memang tidak terlalu besar, tetapi jika dikumpulkan dari kantong banyak orang nilainya akan menjadi besar, apalagi ketika uang terkumpul didonasikan untuk warga yang membutuhkan.

Warga di Kelurahan Barurambat Timur, Kecamatan Pademau, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, membuat sebuah gerakan sosial berupa celengan donasi Rp 1000 “Ghen Sebuan”. Di mana warga setempat membuat sebuah kotak donasi dan disebar ke berbagai tempat.

“Ghen Sebuan” merupakan bahasa Madura yang artinya seribuan. Donatur bisa menyumbang minimal seribu, tetapi tidak ada batas maksimal.

Hasil dari donasi tersebut disumbangkan kepada warga yang membutuhkan, baik warga fakir miskin, warga yang sakit tidak mampu, bantuan biaya pendidikan dan kebutuhan lainnya. Dana hasil donasi tersebut disalurkan khusus untuk warga di kelurahan setempat.

Salah-satu inisiator aksi sosial tersebut Bustanul Husain mengatakan, gerakan Ghen Sebuan tersebut berangkat dari rasa ingin berbagi dengan warga yang membutuhkan dan atas dasar kemanusiaan.

Dikatakan, ia melihat banyak warga di sekitar tempat tinggalnya yang sangat membutuhkan bantuan, mulai pemulung, abang becak, janda tua, dan fakir miskin. Sehingga ia bersama pemuda setempat membuat aksi sosial tersebut.

“Kami bersama teman-teman ingin berbagi dengan mereka dan mengurangi bebannya. Mulai membantu meringkan kebutuhan sehari-harinya, membantu biaya pendidikan anaknya dan kebutuhan lainnya,” katanya.

Dikatakan, aksi tersebut sudah dimulai sejak dua tahun lalu yakni pada tahun 2018 dan berlanjut hingga saat ini. Di tengah pandemi covid-19 justru kotak donasi semakin banyak yang disebar agar bisa membantu warga yang terdampak.

“Di masa pandemi kami fokus melakukan kegiatan sosial dalam rangka mencegah penularan covid-19, mulai sosialisasi bahaya Covid-19, bagi-bagi masker dan penyemprotan disinfektan di berbagai tempat,” urainya.

Kotak donasi, kata Bustanul Husain disebar ke berbagai tempat, mulai tempat perbelanjaan, kantor pemerintah dan sejumlah tempat lainnya.

Dari kegiatan ini, kata dia, dalam sebulana dana yang terkumpul bisa mencapai Rp 2,5 hingga 4 juta. Sebanyak 100 kotak donasi di sebar ke berbagai tempat.

Bustanul berharap agar gerakan sosial tersebut bisa terus berjalan agar banyak warga khususnya di keluarahannya yang bisa merasakan manfaatnya.

“Gerakan ini juga untuk menyadarkan banyak orang bahwa di sekitar kita masih banyak orang yang membutuhkan uluran tangan dan kepedulian kita,” pungkasnya.

Reporter : Arif
Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.