Harjad ke-75 Jawa Timur, Ketua Komisi B Apresiasi Pertumbuhan Ekonomi

Ketua Komisi B DPRD Jatim, Aliyadi Mustofa bersama Gubernur Khofifa Indar Parawansa pada Hari Jadi Jawa Timur ke-74 2019.

Media Madura – Pada 12 Oktober 2020, Provinsi Jawa Timur genap berusia 75 tahun. Banyak keberhasilan yang ditorehkan pemerintah. Salah satunya, pertumbuhan ekonomi yang melampaui nasional. Capaian tersebut mendapat apresiasi dari Ketua Komisi B DPRD Jatim, Aliyadi Mustofa.

Politisi PKB asal Sampang itu mengatakan, pertumbuhan ekonomi Jawa Timur selalu menjadi garda terdepan di Indonesia. Bahkan, pertumbuhannya melampaui capaian nasional.

Pemprov Jatim didorong untuk mempertahankan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi tersebut. Pada masa pandemi Covid-19 program yang dapat menumbuhkan perekonomian harus digenjot.

Salah satunya, program peningkatan sektor pertanian dan pangan. Selama ini, Jawa Timur menjadi penopang ketahanan pangan nasional. “Jawa Timur menjadi salah satu lumbung pangan nasional,” katanya.

Tetapi, sejak virus korona mewabah, produksi pertanian sedikit mengalami penurunan. Penyebabnya, karena keterbatasan pupuk dan kuota pupuk subsidi yang dikurangi.

Komisi B DPRD Jatim berupaya maksimal agar kebutuhan pupuk bisa tersedia dengan baik. Langkah kongkret yang ditempuh yakni berkoordinasi langsung dengan pemerintah pusat.

Harapannya, produksi pertanian tetap stabil. Dengan demikian, perekonomian masyarakat terus tumbuh dengan baik. “Peningkatan produksi pertanian untuk menopang ketahanan pangan harus didorong,” katanya.

Aliyadi menyampaikan, Pemprov Jatim juga mendorong peningkatan ekonomi melalui sektor industri kecil menengah (IKM). Beberapa waktu lalu, Wagub Emil meluncurkan produk UKM yang diekspor ke luar negeri seperti Jerman dan Inggris.

“Pada situasi pandemi Covid-19 ini, kami terus mendorong peningkatan ekonomi masyarakat,” tutup mantan Anggota DPRD Sampang itu. (*)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.