Atasi Krisis Air Bersih, DPKP Pamekasan akan Bangun 194 Sumur Bor

Bantuan air bersih

Pamekasan, (Media Madura) – Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kabupaten Pamekasan akan membangun sebanyak 194 titik sumur bor untuk mengatasi krisis air bersih di musim kemarau.

Berdasarkan Data Pemerintah Kabupaten Pamekasan, tahun 2020 terdapat sebanyak 311 dusun di 77 desa yang dilanda kekeringan. Sementara tahun 2019 sebanyak 325 dusun di 82 desa yang tersebar di 11 kecamatan.

Kepala DPKP Kabupaten Pamekasan, Muharram mengatakan, program penyediaan air bersih melalui pengeboran air tanah ini dirasa sangat efektif untuk mengatasi persoalan pemenuhan kebutuhan air bersih, khususnya masyarakat di daerah yang kesulitan air.

“Tahun 2020 ini, kami akan membangun sumur bor di 194 titik yang tersebar di 13 kecamatan se Kabupaten Pamekasan,” ungkapnya.

Dikatakannya, program penyediaan air bersih ini bekerjasama dengan PT Prisma. Dan penentuan titik lokasi yang memiliki potensi air dilakukan melalui sistem geolistrik.

Lebih lanjut, pihaknya menyampaikan, hingga saat ini sudah terealisasi 50 persen dari 194 keseluruhan titik yang ditargetkan.

“Alhamdulillah, tahap pertama sudah selesai dan sudah terealisasi 50 persen. Untuk tahap kedua ini akan segera kami lakukan pengeboran,” ucap Muharram.

Untuk diketahui, pada tahun 2018 ada sebanyak 68 titik sumur bor yang dibangun. Kemudian untuk tahun 2019 terdapat sebanyak 61 titik sumur bor yang dibangun di 13 kecamatan se Pamekasan.

Reporter: Zainol
Editor: Arif

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.