Pemotor Dihukum Baca Doa saat Terjaring Operasi Yustisi di Sampang

Petugas Polantas Polres Sampang memberikan sanksi membaca doa bagi pengendara motor yang tidak memakai masker, Senin (14/9/2020) sore. (Ryan/MM).

Sampang, (Media Madura) – Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, menerapkan sanksi membaca surat-surat pendek Al-quran bagi pengendara motor maupun warga yang kedapatan tidak menggunakan masker.

Penindakan itu berlangsung saat Operasi Yustisi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan di depan Monumen Sampang Jalan Trunojoyo, Kelurahan Rongtengah, Senin (14/9/2020) pukul 15.30 WIB.

Operasi dipimpin langsung oleh Kapolres Sampang AKBP Abdul Hafidz, dengan melibatkan personil TNI, Satpol PP, dan BPBD Sampang.

Kapolres Sampang mengatakan, dalam operasi itu ditemukan masih banyak warga abai dan tidak menjalankan protokol kesehatan. Karena itu, lanjut Hafidz, pihaknya memberikan tindakan berupa sanksi teguran.

“Hari ini kita menggelar operasi yustisi, warga yang tidak memakai masker disanksi hanya saja sekarang masih bentuk teguran, ke depan akan ada sanksi administrasi bagi warga maupun pengelola badan usaha yang melanggar prokes,” ucapnya.

Dirinya menjelaskan, penindakan ini bentuk implementasi Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 tahun 2020 dan sesuai Peraturan Bupati (Perbub) Nomor 53 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan.

Ia berharap dengan sanksi ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker saat beraktivitas diluar rumah.

Pantauan dilokasi, pengendara motor kedapatan tidak menggunakan masker diberi sanksi membaca surat-surat pendek Al-quran dan membaca doa. Sebagian pelanggar lainnya juga diberi surat teguran. Setelah itu masyarakat tersebut diberi masker secara gratis.

Tak hanya itu, tim gugas tugas juga memberikan penghargaan kepada warga dan pengendara yang sudah mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19 di Sampang.

Reporter : Ryan
Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.