Tersisa 3 Desa di Sampang Belum Terima BLT Akhir

Sampang, (Media Madura) – Kepala Bidang Bina Pemdes Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sampang Suhanto mengungkapkan, ada tiga desa di wilayahnya belum melakukan pencairan bantuan langsung tunai dana desa tahap III.

Molornya pencairan disebabkan karena beberapa faktor, diantaranya terjadi kekosongan jabatan kepala desa.

“Iya masih tersisa tiga desa belum cair BLT dana desa, kemungkinan bisa selesai dalam waktu dekat,” ucap Suhanto, Kamis (3/8/2020).

Pihaknya mencatat, tiga desa itu meliputi Desa Banyukapah Kecamatan Kedungdung, Desa Tlambah Kecamatan Karang Penang, Desa Jrengik Kecamatan Jrengik.

Menurut Suhanto, belum cairnya bantuan tunai di Desa Jrengik lantaran kekosongan jabatan kades. Untuk mengisi kekosongan itu pihaknya akan melakukan pengisian jabatan dengan status Penjabat (Pj).

“Kalau desa lainnya sudah terealisasi, tinggal nunggu Desa Jrengik untuk diisi penggantinya yakni dengan Pj, proses SK nya segera keluar,” tuturnya.

Dia menerangkan, belum disalurkannya bantuan di Desa Banyukapah dan Desa Tlambah karena terjadi miss komunikasi antara pihak kecamatan dengan pemerintah desa. Maka dari itu pihak penyalur bantuan dalam hal ini BRI menjadwal ulang penyalurannya.

Saat dikonfirmasi, Manager Dana BRI Cabang Sampang Fahur Rosi menyampaikan, sebagai pihak penyalur pihaknya tidak bisa mencairkan dana bantuan jika jabatan pemerintah desa belum terisi. Sebab, tanda tangan dicek giro harus ditegaskan oleh pejabat desa.

“Bagi kadesnya kosong ya tidak bisa dicairkan, nunggu penggantinya, paling tidak diisi Pj,” katanya.

Lambatnya pencairan bantuan tunai tahap III hingga bulan September ini mendapat sorotan dari Panitia Khusus (Pansus) COVID-19 DPRD Sampang. Ketua Pansus Iqbal Fathoni mendesak semua pihak terkait sesegera mungkin mempercepat realisasi bantuan.

Alasan itu bukan tanpa sebab, karena seharusnya pencairan tahap akhir itu sudah selesai pada Juli 2020 kemarin. Namun kenyataannya, hingga kini pencairan belum tuntas.

“Ini gak beres dari awal, kami sudah memberikan catatan kepada pihak penyalur, kasihan penerima manfaat sampai saat ini belum menerima,” singkatnya.

Reporter : Ryan
Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.