KPU Batasi Pengantar Calon saat Pendaftaran Pilkada Sumenep

Ketua KPU Sumenep, Abd. Waris

Sumenep, (Media Madura) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Madura, Jawa Timur membatasi jumlah pengantar saat pendaftaran Vakal Calon Bupati dan Wakil Bupati.

Kebijakan tersebut diatur dalam PKPU, bahwa untuk mencegah penyebaran Covid-19 maka massa pengantar bacalon dibatasi maksimal 50 orang.

“Sesuai aturan, pengantar dibatasi. Nanti pendukung yang boleh masuk ke sini sangat terbatas,” kata Ketua KPU Sumenep, Abd. Waris, Kamis (3/9/2020).

Apabila misalnya terdapat bacalon yang membawa massa dengan jumlah banyak, KPU telah menyiapkan area yakni tempat di luar kantor KPU untuk ditempat.

“Kalau massa lebih dari 50 orang, kami telah menyiapkan tempat di luar pagar untuk berteduh,” ujarnya.

Kata Warits, yang diperbolehkan masuk ke Kantor KPU mendampingi bacalon hanya pimpinan partai politik (Parpol), liaison officer (LO) dan suami istri dari Paslon. Selain itu tidak dilarang.

“Kalau misalnya Paslon membawa tokoh masyarakat, kami siapkan tempat. Tetapi tetap tidak boleh masuk ke tempat (khusus) saat menyerahkan berkas pendaftaran,” tukasnya.

Seperti diketahui, KPU Sumenep akan membuka pendaftaran calon peserta Pilkada mulai Jumat, 4 September besok sampai tanggal 6 September pukul 24.00 WIB.

Reporter : Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.