Kades Ini Dorong Warganya Kembangkan Potensi Desa

Pamekasan, (Media Madura) – Pemerintah Desa (Pemdes) Bungbaruh, menggelar refleksi Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Ke-75 RI di balai desa setempat. Kegiatan tersebut dikemas dengan berbagai acara yang melibatkan pemuda dan tokoh masyarakat pada Sabtu–Mingu (15–16/08/2020), dengan tema yang diangkat “Indonesia Maju; Dari Desa untuk Indonesia”.

”Tema ini diangkat untuk menunjukkan potensi desa agar benar-benar dimanfaatkan sesuai dengan kompetensi yang ada. Harapannya, untuk mengembangun Desa Bungbaruh,” kata Ketua Panitia Refleksi HUT Ke-75 Khoyrul Umam Syarif.

Pada malam pertama diisi dengan khatmil Quran dan tahlil bersama yang mengundang semua tokoh masyarakat di Desa Bungbaruh. Malam kedua merupakan malam puncak yang diisi dengan berbagai kegiatan yang diawali dengan al-banjari.

”Kemudian keynote speaker mengenai wawasan kebangsaan diisi oleh Dr. Moh. Toha, M.Pd.I. untuk meningkatkan jiwa nasionalisme masyarakat desa, khususnya para pemuda. Harapannya, agar semangat juang yang ditorehkan para pahlawan bisa ditiru dan menjadi inspirasi bagi mereka,” terangnya.

Acara juga dilanjutkan dengan talk show. Pemdes memberikan panggung atau kesempatan kepada pemuda desa untuk dijadikan pemateri. Khususnya kepada mereka yang sukses di berbagai bidang.

”Anak desa di sini ada yang sukses di bidang wirausahawan, penulis buku, dan ada yang menguasai tiga bahasa asing. Selanjutnya, ada penampilan pencak silat yang meraih juara nasional di Jakarta,” kata Kades Bungbaruh A. Fauzi M.

Dia menjelaskan, pihaknya melibatkan dan memberdayakan anak-anak desa berprestasi agar menjadi inspirasi bagi pemuda lainnya. Kemudian, diharapkan mereka ikut terlibat dalam mengembangkan potensi dan memajukan desa.

”Kami juga memberikan apresiasi kepada tiga santri yang menjuarai lomba MSQ pada MTQ tingkat kabupaten. Kita berikan piagam penghargaan dan sejumlah uang pembinaan kepada tiga santri yang berasal dari Desa Bungbaruh tersebut,” pungkasnya.

Reporter : Ist
Editor : Arif

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.