Pedagang Kambing di Sumenep Rasakan Berkah Iduladha

Sumenep, (Media Madura) – Pedagang kambing di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur benar-benar merasakan berkah memen hari raya Iduladha.

Pasalnya, harga kambing mengalami kenaikan yang cukup signifikan lantaran tingginya permintaan jelang Lebaran Kurban ini.

Harga kambing yang pada hari-hari biasa Rp 1.600.000 per ekor, dalam benerapa hari terakhir naik antara Rp 300 ribu hingga Rp 400 ribu.

- Advertisement -

“Idul Adha ini menjadi berkah tersendi bagi para pedagang kambing. Permintaan kambing banyak,” kata Ketua Paguyuban Pedagang Kambing Sumenep, M. Sama’udin (52), Kamis (30/7/2020).

Menurutnya, sebelum menjelang hari raya kurban, setiap pasaran maksimal kambing yang laku setiap pedagang antara 2-3 ekor. Tetapi, menjelang Iduladha, bisa laku 5 ekor bahkan lebih.

“Permintaan pasar cukup tinggi. Ini biasa setiap tahun. Cuma menariknya, tahun pandemi corona tak terlalu berpengaruh,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, bahwa kambing yang dijual di pasar dipastikan merupakan kambing layak kurban. Misal, secara usia sudah sesuai ketentuan.

“Kami juga memastikan kambing-kambing yang mau dijual sehat. Kalau misal ada yang sakit, diobati dulu di rumah. Setelah sembuh baru dibawa ke pasar,” tukasnya.

Reporter : Rosy
Editor : Arif

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.