KPU Sumenep Usulkan Anggaran Tisu Rp 100 Juta

Sumenep, (Media Madura) – Pemerintah telah memutuskan akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

Di antara sekian daerah, Kabupaten Sumenep salah satu yang akan melaksanakan Pilkada tersebut.

Namun hingga saat ini, KPU Sumenep mengaku belum mengetahui tahapan terbaru lantaran KPU Pusat belum mengeluarkan PKPU terkait itu.

- Advertisement -

Hanya saja saat ini KPU Sumenep tengah melakukan restrukturisasi anggaran yang menyesuaikan dengan protokol kesehatan covid-19 dan akan diajukan ke KPU Pusat.

“Jika Pilkada (bulan) Desember, dari sisi anggaran ada perubahan, ada banyak penambahan,” ujar Devisi Perencanaan dan Data KPU Sumenep, Syaifurrahman, Selasa (9/8/2020).

Ia mengatakan, hitung-hitungan yang pihaknya lakukan, tambahan anggaran tersebut tembus Rp 21 miliar atau sekitar sepertiga dari anggaran Pilkada yang ada.

“Saat pelaksanaan saja, kita harus sediakan tempat cici tangan, masker, tisu dan perlengakan covid lainnya. Jadi tambahannya lumayan membengkak,” jelasnya.

Bahkan yang menarik, kata dia, untuk anggaran tisu saja bisa mencapai Rp 100 juta, dengan logika misal per TPS ada 400 pemilih maka tisu harus disediakan minimal 4 pak.

“Jika tisu yang harga Rp 10 ribu, dikalikan 1500 TPS sudah berapa puluh juta itu, ditambah kebutuhan tisu di kantor-kantor penyelenggara dan lainnya,” jelasnya.

Fathir berujar, sejatinya kapan saja Pilkada digelar pihaknya siap melaksanakan. Tetapi ketika digelar di tengah kepungan pandemi, maka tentu kesiapan pemerintah menyediakan tambahan anggaran menjadi yang utama.

Reporter : Rosy

Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.