Kapal ke Kepulauan Sumenep Dibatasi Angkut Penumpang

Sumenep, (Media Madura) – Kapal rute ke Kepulauan Sumenep, Madura, Jawa Timur ternyata tidak dilarang sepenuhnya membawa penumpang, sebagaimana disampaikan Kadishub Sumenep, beberapa waktu lalu.

Sebab, menurut Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kalianget, kapal hanya dibatasi dalam membawa penumpang. Tujuannya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Jadi, bukan melarang kapal membawa penumpang, hanya dibatasi. Kapal hanya boleh membawa 50 persen dari kapasitas kapal,” kata Kepala KSOP Kalianget, Supriyanto, Kamis (30/4/2020).

Menurut Supriyanto, kebijakan pembatasan jumlah penumpang itu mengacu pada Permenhub nomor 25 tahun 2020. Misal di situasi normal kapal membawa 100 penumpang, maka saat ini hanya boleh membawa 50 penumpang.

“Tentu ini demi keselamatan mita semua. Jangan sampai berdesak-desakan di kapal sehingga berpotensi terjadi penyebaran virus corona,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, KSOP menghimbau kepada operator kapal agar dapat mengendalikan penumpang dengan cara membatasi penjualan tiket.

“Ketika operator membatasi penjualan tiket, otomatis jumlah orang yang naik ke kapal bisa dikendalikan sesuai dengan peraturan pemerintah tadi,” pungkasnya.

Reporter : Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.