Nabung Selama 1,5 Tahun, Murid PAUD di Sampang Sumbangkan untuk Covid-19

Ananda Oi bersama ayahnya menyerahkan uang tabungan kepada Koordinator Satgas Covid-19 Kabupaten Sampang, Senin (13/4/2020). (Ryan/MM).

Sampang, (Media Madura) – Raden Keenan Ronauli Wahyudi, bocah laki-laki berusia 4 tahun di Sampang, Madura, Jawa Timur, menyerahkan uang tabungan selama 1,5 tahun kepada BPBD Sampang selaku Koordinator Satgas Covid-19.

Tabungan milik siswa PAUD di Kota Sampang ini diserahkan dalam bentuk uang koin dan pecahan ribuan.

Uang tersebut disumbangkan untuk diberikan kepada petugas medis yang berjuang ditengah wabah pandemi virus Corona.

- Advertisement -

Uang tabungan yang tersimpan dalam kotak celengan kaleng itu diserahkan dengan diantar oleh ayahnya, Rony Wahyudi.

Sesampainya di Posko Satgas Penanganan Bencana non Alam dan Percepatan Penanganan Covid-19 di Jalan Wijaya Kusuma, uang tabungan Ananda Oi, sapaan akrab putra pertama pasangan Rony dan Dian, terhitung sebesar Rp 527 ribu.

Menurut Rony, ayah Ananda Oi, mengatakan uang yang ditabung anaknya selama 1,5 tahun itu ikhlas disumbangkan untuk diberikan kepada para petugas medis.

“Uang celengan ini disumbangkan untuk membantu petugas dan dokter dalam penanganan Corona,” ucap Rony (35) asal warga Permata Indah, Kelurahan Banyuanyar, Kota Sampang, Senin (13/4/2020) pagi.

Rony menceritakan, keinginan anaknya merelakan celengan untuk disumbangkan karena terinspirasi dari seorang dokter yang menangis dan memohon bantuan kepada Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta.

Saat itu, tengah disiarkan di stasiun tv swasta Tv One terkait kasus Corona.

“Anak saya nonton TV One, kebetulan ada tayangan Gubernur DKI Jakarta memberikan penginapan kepada perawat dan dokter di salah satu hotel, wawancara terhadap satu perawat ada yang menangis karena sudah tidak diterima tinggal di kontrakan dan kost-an,” jelasnya.

Secara spontan, Oi yang mengenyam pendidikan di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIT) Nurul Hidayah Sampang itu menyerahkan celengannya kepada orangtua.

Ia sambil berkata “Kenapa itu Bu, dokternya kok menangis? Istri menjawab, Pak dokternya sakit,” kata Rony.

“Anak saya memberikan celengan dan bilang, Bu kasih celengan Oi untuk Pak Dokter buat membeli obat,” lanjutnya.

Mengetahui percakapan itu, kedua orangtuanya pun dibuat tercengang. Pasalnya, bocah seusia Oi memiliki rasa kemanusiaan yang cukup tinggi. Apalagi demi membantu para dokter yang bertugas dan merawat pasien dalam melawan virus Corona.

“Sempat saya coba tanya lagi, apa bener mau diberikan ke Pak Dokter, jawaban Oi, ia yah buat beli obat nanti kasih ke Surabaya,” kata Rony menirukan obrolan anaknya.

Sementara petugas Satgas Covid-19 Kabupaten Sampang Moh Imam yang menerima uang tabungan, mengucapkan terima kasih terhadap keluarga dan Ananda Oi.

“Apa yang dilakukan Oi adalah bentuk kepudilian yang luar biasa dan peduli memberikan sumbangan untuk pencegahan pandemi virus Corona,” pungkasnya.

Reporter : Ryan
Editor

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.