Melihat Pencegahan Virus Corona di Desa Gunung Rancak Sampang

Pembagian alat cuci tangan di beberapa kampung di Desa Gunung Rancak, Kecamatan Robatal, Senin (30/3/2020) siang. (Ryan/MM).

Sampang, (Media Madura) – Sejumlah desa di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, melakukan upaya pencegahan virus Corona atau Covid-19 secara mandiri. Salah satunya dilakukan Desa Gunung Rancak, Kecamatan Robatal.

Kepala Desa Gunung Rancak Mohammad Juhar mengatakan, pencegahan wabah virus corona di lingkungan pemukiman warga sebagai tindakan preventif dalam menindaklanjuti himbuan dari Camat setempat dan Bupati Sampang H Slamet Junaidi.

Pencegahan mandiri itu dilakukan mulai dari pembentukan Satgas relawan Covid-19 dan penyemprotan disinfektan, serta pendataan warga yang baru pulang dari luar kota atau daerah lain.

“Tim Satgas relawan Covid-19 di Desa Gunung Rancak menyusuri dan mendata secara door to door kepada warga, kami juga mengedukasi masyarakat agar memahami betul penyebaran virus corona dan bagaimana memutus mata rantai penyebaran,” ujar Juhar, Senin (30/3/2020).

Kata Juhar, penyemprotan disinfektan dilakukan di sejumlah tempat fasilitas umum dan lembaga pendidikan di Desa Gunung Rancak. Termasuk penyediaan alat cuci tangan yang dibagikan di 35 titik seperti pasar, sekolah, dan masjid.

Langkah lainnya yaitu memberikan sosialisasi dan himbuan mengenai pencegahan virus Corona yang terpampang dalam bentuk banner dan pamflet di setiap sudut kampung serta tempat keramaian.

Dia menambahkan, mengingat selama ini wilayahnya terdeteksi ada beberapa warganya pulang dari perantauan daerah basis zona merah. Seperti dari Negara Malaysia, Provinsi Kalimantan Timur, dan Ibu Kota Jakarta.

“Ini bagian dari bentuk ikhtiar kami agar warga terselamatkan dari wabah virus corona dan semoga sehat selalu,” ungkapnya.

Reporter : Ryan
Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.