Hamim Tohari Tanggapi Aksi Demo Usir HCML

Kepala Lapangan HCML Suryo saat menemui nelayan

Sampang, (Media Madura) – Pihak Husky CNOOC Madura Limited (HCML) angkat bicara menyikapi aksi demo ratusan nelayan Camplong yang mengepung kapal pengeboran migas di perairan laut Pulau Mandangin Sampang.

Aksi demo itu mengusir keberadaan HCML dan menuntut sebagai perusahaan migas memberikan kontribusi yang jelas kepada pemerintah daerah dalam pengelolaan Participasing Interes (PI) dan CSR terhadap masyarakat di wilayah terdampak.

Regional Manager HCML Hamim Tohari menyampaikan, HCML sebagai kontraktor kontrak kerjasama (KKKS) yang bekerja di bawah pengendalian dan pengawasan SKK Migas selalu taat pada aturan perundang-undangan yang berlaku.

Ketaatan pada aturan itu juga berlaku dalam menyalurkan bantuan untuk daerah pendukung operasi atau yang lazim disebut sebagai CSR. Sesuai Amdal, CSR hanya berlaku untuk Pulau Mandangin.

“Sampai saat ini hanya Pulau Mandangin yang masuk kategori pendukung daerah operasi, untuk pesisir Camplong baru akan masuk sebagai kawasan pendukung daerah operasi ketika sumur MAX sudah beroperasi,” kata Hamim dihubungi, Jumat (20/3/2020) malam.

Hamim menambahkan, meski secara aturan tidak mewajibkan untuk menyalurkan CSR ke daerah di pesisir Camplong, namun HCML tetap memberi perhatian pada kegiatan yang dilakukan masyarakat di Camplong.

“Dalam catatan kami untuk desa desa di pesisir Camplong, HCML sudah memberikan bantuan sponsorship beberapa kegiatan sosial yang mereka ajukan, intinya HCML telah berupaya membantu sesuai dengan kemampuan,” ujarnya.

Hamim menuturkan, pihaknya tidak punya kewajiban membagi Participasing Interes (PI). Karena plan of development (POD) HCML disetujui pemerintah sebelum UU migas tahun 2001 berlaku.

“Sekali lagi kami bekerja sesuai aturan yang berlaku, ketentuan PI berdasar UU Migas tahun 2001, sementara POD dari HCML sudah diterbitkan jauh sebelum itu,” tandasnya.

Reporter : Ryan
Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.