Sampang Siapkan Rp 2 Miliar Tangani Covid-19, Ini Sumber Dananya

Sebelum memasuki gedung konferensi pers, Bupati Sampang diikuti Forkopimda melakukan cuci tangan hingga pengecekan suhu tubuh menggunakan termometer oleh petugas kesehatan, Kamis (19/3/2020) sore. (Ryan/MM).

Sampang, (Media Madura) – Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sampang Agus Mulyadi menyebut pemerintah daerah menyiapkan anggaran untuk penanganan virus Corona atau Covid-19 sebesar Rp 2 miliar.

Menurut Agus, dana tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Intensif Daerah (DID).

“Anggarannya hampir Rp 2 miliar rupiah, jadi mewabahnya virus Corona ini adalah bencana yang tidak kita rencanakan, semua itu sudah difasilitasi oleh pemerintah pusat (APBN),” ujar Agus menjawab pertanyaan wartawan di Posko Percepatan Penanganan Covid-19 di Jalan Wijaya Kusuma, Kamis (19/3/2020) sore.

Anggaran miliaran ni digunakan untuk biaya operasional dan pengobatan pasien positif Corona yang dirawat di rumah sakit rujukan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Ketika pasien ada dirumah sakit rujukan maka dibiayai oleh Pemprov Jatim, biaya yang kita tanggung (pemerintah daerah) adalah operasional,” kata Agus.

Selain itu, Agus menjelaskan, masyarakat tak perlu khawatir mengenai pembiayaan. Bahkan BPJS menjamin pembiayaan pelayanan kesehatan untuk pasien positif terinfeksi virus Corona.

“Seratus persen semua ditanggung oleh pemerintah karena ini bencana nasional semua memfasilitasi baik pusat, provinsi, dan daerah,” terangnya.

Agus menambahkan, rumah sakit rujukan untuk pasien positif Corona di Jawa Timur, diantaranya RSUD Kabupaten Pamekasan, Bangkalan, dan RSUD dr Soetomo Surabaya.

“Kalau RSUD dr Muhammad Zyn Sampang tidak bisa menangani pasien Corona, hanya bisa menangani Orang Dalam Pengawasan (ODP) Corona,” imbuh Agus.

Reporter : Ryan
Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.