Keluarga Korban Bayi Meninggal Usai Imunisasi Minta Bidan Polindes Dipindah

Keluarga korban bayi meninggal dunia ditemui di rumah duka Dusun Klobur, Desa Sawah Tengah, Robatal. (Ryan/MM).

Sampang, (Media Madura) – Zainal Arifin (31), orangtua bayi meninggal diduga usai diimunisasi meminta bidan Polindes, ibu Maya sapaan Mariyatul Kiptiyah, dipindah dari Desa Sawah Tengah, Kecamatan Robatal, Kabupaten Sampang, Jumat (14/2/2020).

Menurut keluarga, alasan permintaan itu karena kejadian tersebut tak ingin kembali menimpa kepada anak warga lainnya.

“Tuntutan keluarga agar segera dipindah dari sini, dari informasi yang beredar memang ibu Maya ini kurang baik hubungannya dengan petugas lainnya,” ucap Zainal ditemui pada Rabu (11/2) kemarin.

Sementara nenek korban, Hosiyeh (37), menceritakan saat cucu pertamanya dibawa imunisasi di Polindes. Saat itu, ibu Maya dicurigai dalam kondisi emosi dengan petugas Polindes.

Dikhawatirkan emosi inilah mempengaruhi dalam pemberian vaksin kepada korban, Nur Aqifah.

“Sempat marah-marah dengan anak buahnya karena sebagian warga dari kampung sebelah tidak hadir di waktu imunisasi, dikira petugasnya gak kerja untuk sosialisasi kalau hari ini ada suntik vaksin,” ujar Hosiyeh.

“Takut salah ambil obat atau apa gitu pak, sampai cucu saya meninggal setelah diimunisasi,” imbuhnya.

Sayangnya saat media mengkonfirmasi Mariyatul Kiptiyah yang disebut bidan Maya enggan menanggapi kejadian tersebut. Ia justru melempar agar mengkonfirmasi langsung kepada Dinas Kesehatan Sampang.

“Mohon maaf bukannya saya…. memang seharusnya seperti itu jadi sampean silahkan langsung ke Dinkes Sampang,” singkat bidan Maya ditemui di Polindes.

Sekretaris Dinkes Sampang Asrul Sani menyatakan, tidak akan memberikan tindakan sanksi atau teguran kepada bidan Maya. Pasalnya, tidak ditemukan indikasi kesalahan prosedur yang dilakukan bidan desa saat melakukan imunisasi.

“Kita sudah klarifikasi pihak terkait hasilnya tidak ditemukan kesalahan prosedur, tetapi langkah kita kedepan akan memberikan pembinaan kepada semua petugas kesehatan di Sampang tentang pentingnya memberikan edukasi kepada masyarakat supaya lebih sadar akan pentingnya imunisasi dan kesehatan,” pungkasnya.

Reporter : Ryan
Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.