Jumlah Pengunjung Gua Soekarno Nyaris Tembus 100 Ribu

Sumenep, (Media Madura) – Objek wisata Gua Soekarno yang berlokasi di Desa Panaongan, Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur terus menjadi primadona wisatawan.

Sejak dilaunching pada Juni 2019 lalu, wisata alam buatan ini disebut-sebut telah menyedot ratusan ribu pengunjung, baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

“Sejak dilaunching hingga kemarin (26/12/2019), jumlah pengunjung mencapai 89.066 orang. Sebagian wisatawan mancanegara,” kata pengelola Gua Soekarno, Syaiful Anwar, Jumat (27/12/2019).

-Advertisement-

Namun demikian, jumlah pengunjung gua yang dilengkapi dengan kafe di dalamnya itu relatif mengalami penurunan setiap bulannya. Paling banyam pada bulan pertama dibuka, yakni mencapai 47.735 orang.

Lalu pada Juli mengalami penurunan diangka 16.164 orang. Agustus jumlah pengunjungnya turun lagi ke angka 7.626, September 4.687, Oktober 3.277, November 4.575, dan Desember naik menjadi 5.000 pengunjung.

“Pada bulan pertama dilaunching langsung diserbu puluhan ribu pengunjung. Selain bertepatan musim liburan Idul Fitri dan ketupatan, masyarakat juga banyak yang penasaran akan keindahan gua,” ungkapnya.

Untuk bulan Desember, pihak pengelola memprediksi, jumlah pengunjung masih akan terus bertambah. Sebab, momen liburan masih akan mencapai puncaknya pada awal Januari.

“Harapan kami semoga wisatawan yang datang ke sini puas. Dan kalau misalnya ada kekurangan sampaikan kepada kami,” pungkasnya.

Reporter : Rosy
Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.