Tak Kondusif, Kotak Suara Pilkades Pangarengan Dibawa ke Kabupaten

Petugas keamanan menjaga ketat kotak suara Pemilihan Kepala Desa Pangarengan di Goor Indor Jalan Wahid Hasyim Kota Sampang, Jumat (22/11/2019) pagi. (Ryan/MM).

Sampang, (Media Madura) – Petugas keamanan menjaga ketat lima kotak suara pemilihan kepala desa (Pilkades) Pangarengan, Kecamatan Pangarengan, Kabupaten Sampang, Jumat (22/11/2019) pagi.

Pasukan bersenjata lengkap ini menjaga kotak suara di gedung Goor Indor Jalan Wahid Hasyim Kota Sampang sebelum dilakukan penghitungan.

Semua logistik pilkades diamankan ke kabupaten karena kondisi di lapangan tidak memungkinkan untuk dilanjutkan.

Kapolres Sampang AKBP Didit Bambang Wibowo Saputro melalui Waka Polres Kompol Suhartono, mengatakan pihak keamanan akan terus menjaga ketat kotak suara hingga ada keputusan panitia.

“Kita hanya mengamankan kotak suara sampai ada keputusan penghitungan,” terang Suhartono dibalik telepone.

Suhartono menerangkan, sejak kotak suara dialihkan ke tingkat kabupaten Kamis malam, strerilisasi gedung Goor Indor dilakukan oleh petugas keamanan dari Brimob Polda Jatim. Semua yang tidak berkepentingan tidak diperkenankan memasuki area gedung.

“Kecuali saksi cakades dan panitia boleh masuk, termasuk rekan-rekan wartawan hanya berada diluar, semua ini lakukan agar proses penghitungan berlangsung aman dan kondusif,” ujarnya.

Pantauan di lapangan, logistik Pilkades Pangarengan tiba di gedung Goor Indor Sampang pada Jumat dini hari pukul 00.30 WIB. Lantaran situasi mulai memanas saat akan dilakukan penghitungan suara.

Muncul perdebatan antar calon kepala desa terkait keabsahan surat suara menyebabkan petugas keamanan mengamankan kotak suara ke tingkat kabupaten.

Sesampainya di gedung Goor Indor, penghitungan suara tak kunjung dilakukan dan belum menemukan solusi ataupun keputusan dari panitia pemilihan kepala desa (P2KD). Meski detik waktu menunjukkan pukul 04.00 WIB.

Pada Jumat pagi, tim kabupaten dan P2KD merapatkan persoalan tersebut di aula mini kantor Pemkab Sampang. Rapat itu dipimpin oleh Pj Sekda Sampang Yuliadi Setiawan dengan dihadiri Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

Saat dikonfirmasi, Kasi Aparatur Pemerintahan Desa DPMD Kabupaten Sampang Irham Nurdayanto, mengaku masih rapat dengan Sekda membahas Pilkades Pangarengan.

“Mohon maaf masih rapat mas,” jawab Irham melalui pesan singkatnya.

Sementara Sekretaris P2KD Pangarengan Darwis Abrori belum juga memberikan keterangan meski berkali-kali dihubungi.

Pelaksanaan Pilkades Pangarengan diikuti empat kandidat calon. Diantaranya, nomor urut 01 Mohammad Aksan (incumbent), 02 Abd Hakki, 03 Mohammad Husin, dan 04 Maim Maskuf.

Reporter : Ryan
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.