Turun Hujan, Sejumlah Daerah di Pamekasan Masih Dapat Bantuan Air Bersih

Bantuan air bersih

Pamekasan, (Media Madura) – Sejumlah daerah yang terdampak kekeringan di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur masih mendapat bantuan air bersih meski sudah turun hujan.

Seperti yang dilakukan komunitas pemuda peduli sosial, Madura Idea Foundation (MIF) Kabupaten Pamekasan. Organisasi yang mengusung tagline “Alengleng Tarebhung Abhanto Sataretanan” itu menyalurkan bantuan air bersih di dua kecamatan yakni Kecamatan Tlanakan dan Pademawu.

“Program bantuan air bersih ini telah berjalan dari beberapa hari yang lalu dan akan berlanjut hingga kebutuhan air terpenuhi,” kata koordinator MIF Pamekasan, Teguh Setiawan Putra, Minggu (3/11/2019).

Untuk hari ini, tambah Teguh, ada 6 tangki yang telah diberikan kepada warga di dua kecamatan itu, yakni Desa Bandaran, Tlesa, Desa Branta Tinggi, Kecamatan Tlanakan dan Desa Pegagan, Kecamatan Pademawu.

“Untuk di Kecamatan Waru, Pegantenan dan Palengaan Insya Allah besok dan seterusnya,” tambahnya.

Sementara Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan, Budi Cahyono menyatakan, pendistribusian air bersih akan terus dilakukan selama permintaan atau kebutuhan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari bulum terpenuhi.

“Sampai tadi droping bantuan air bersih masih dilakukan. Tapi kami juga harus menjaga keselamatan, karena hujan yang turun berakibat jalan becek. Dan otomatis kami tidak berani ke pelosok,” katanya.

Saat ini, imbuh Budi, instansinya tengah melakukan inventarisasi daerah yang tergolong curah hujannya lebih maksimal. Sehingga droping air akan dilakukan ke daerah yang betul-betul kritis air.

“Pastinya akan dicek dulu apakah sumber air sudah mencukupi atau tidak. Kalau dirasa sudah cukup pasti dihentikan,” tambahnya.

Reporter: Ahmad Rifqi
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.