Pamekasan, (Media Madura) – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparibud) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur akan melakukan penelitian terhadap kepala patung yang mirip arca budha, yang ditemukan Mohammad Juri (45), petani asal Dusun Duko, Desa Ambat, Kecamatan Tlanakan.

Kepala Disparbud Pamekasan, Achmad Sjaifuddin mengatakan, untuk meneliti patung budha tersebut, pihaknya akan melibatkan tim Cagar Budaya Jawa Timur.

“Kita akan menggunakan tim cagar budaya untuk melakukan penelitian,” katanya, Selasa (8/10/2019).

Karena, imbuhnya, pihaknya belum memiliki referensi untuk memastikan kepala patung yang terbuat dari batu hitam itu memiliki nilai sejarah.

Selain itu, agenda penelitian tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat. Dengan alasan memiliki agenda lain yang lebih mendesak.

“Pasti kami akan teliti, cuma kalau sekarang masih sibuk dengan kegiatan Harjad,” urainya.

Kepala patung mirip arca budha itu ditemukan Mohammad Juri saat meratakan gundukan tanah di ladangnya sekitar 9 bulan lalu, namun diabaikan. Patung itu sempat juga dijadikan mainan cucunya karena dianggap tak berharga.

Kepala patung itu baru viral setelah rekan Juri memotret dan menyebarkan ke media sosialnya, akhirnya banyak orang yang bertanya. Kini barang itu telah di amankan oleh Juri.

Reporter: Ahmad Rifqi
Editor: Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.