Puluhan Cakades di Sumenep tak Hadiri Uji Kepemimpinan

Sumenep, (Media Madura) – Puluhan Calon Kepala Desa (Cakades) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur tak menghadiri Uji Kepemimpinan yang digelar Pemkab Sumenep.

Uji kepemimpinan merupakan uji tambahan terhadap desa yang memiliki lebih dari lima cakades. Namun, ujian tersebut tak diikuti semua cakades.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, Moh. Ramli menjelaskan, ujian ini seharusnya diikuti 253 orang dari 35 desa di 22 kecamatan.

“Dari 253 orang itu, sebanyak 22 calon tidak hadir,” terang Ramli saat ditemui di tempat uji kepemimpinan, Gedung Islamic Center, Rabu (2/10/2019).

“Tapi meskipun mereka tidak hadir, bukan berarti gugur masa pencalonannnya. Hanya saja nilai di uji tambahan ini nol,” sambungnya.

Ramli mengatakan, tim penguji di tes ini, pihak DPMD menggandeng akademisi dari Universitas Merdeka (Unmer) Malang.

“Kami target kami hari ini selesai dan hasilnya juga langsung diketahui. Kemudian para cakades yang lulus, urutan 1-5, sesuai tahapan akan langsung diterapkan besok,” terangnya.

Untuk diketahui, Pilkades serentak 2019 di Sumenep akan diikuti 226 desa dari 330 desa. Desa tersebut tersebar di daratan dan juga wilayah kepulauan.

Reporter : Rosy
Editor : Ist

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.