Camat Jrengik H. Marnilem didampingi Sekcam Syaiful Muqodas dan Pendamping Desa memantau penyerapan dana desa di Desa Asem Nonggal, Selasa (24/8/2019) siang. (Zainal/MM).

Sampang, (Media Madura) – Camat Jrengik H. Marnilem memantau penyerapan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD). Ia meminta pelaksanaan anggaran desa di wilayah Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang, harus dikelola dengan optimal.

Karena itu, pemerintah desa diharapkan lebih serius dalam melaksanakan bantuan keuangan yang dikucurkan. Agar pemanfaatan program dana desa bisa dirasakan masyarakat dengan sejumlah pembangunan sarana dan prasarana.

“Sampai saat ini semua pekerjaan pembangunan infrastruktur yang bersumber dari DD dan ADD sudah sesuai harapan, walau pun ada sebagian kegiatan di desa perlu perbaikan-perbaikan,” ujar Marnilem usai monitoring pelaksanaan DD dan ADD di Jrengik, Selasa (24/8/2019).

Kegiatan monitoring itu didampingi Sekretaris Kecamatan Syaiful Muqodas, Pendamping Desa, dan Pendamping Lokal Desa. Monitoring dilakukan di empat desa, meliputi Desa Asem Nonggal, Majangan, Margantoko, serta Panyepen.

Camat Jrengik menyampaikan, monitoring tersebut untuk mendorong pemaksimalan penyerapan dana desa. Karena, penyerapan itu menjadi penting sebagai kualifikasi program pembangunan dalam pengelolaan keuangan daerah.

Untuk itu, pihaknya menegaskan tim kecamatan akan terus memantau pelaksanaan penyerapan dana desa. Ia juga menyarankan agar pemerintah desa mengikuti regulasi pengelolaan bantuan dana yang bersumber dari APBN tersebut.

“Kita terus pantau dana desa itu agar asas manfaat pembangunannya benar-benar dirasakan masyarakat, kalau ada pembangunan yang kurang tepat kita tegur untuk segera diperbaiki,” tuturnya.

Menurut Faisol Pendamping Desa di Jrengik, menuturkan progres pelaksanaan dana desa tahun 2019 sekitar 60 persen. Secara keseluruhan desa di Jrengik penyerapan dana desa sudah tahap II.

“Untuk ADD progresnya sudah 75 persen dan tahap III, karena sebagian desa ada yang belum dicairkan,” kata Faisol.

Reporter : Zainal Abidin
Editor : Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.