Batik On The Sea, Cara Pemkab Lestarikan Batik Sumenep

Sumenep, (Media Madura) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur sukses menggelar even Batik On The Sea 2019 di Pantai Wisata Slopeng yang juga dimeriahkan lomba fotgrafi dan parade layang-layang, Sabtu (27/7/2019).

Batik On The Sea digelar dalam upaya mempertahankan eksistensi dan meningkatkan industri batik untuk perekonomian masyarakat.

“Ini bagian perhatian pemerintah daerah supaya batik tidak tergerus perkembangan zaman. Menjadi pakaian sehari-hari dengan sengaja mengkolaborasikan kultur dan tradisi masyarakat Sumenep,” ujar Bupati Sumenep, A. Busyro Karim dalam sambutannya.

Kata Bupati, selain mengadakan lomba untuk melestarikan batik, pihaknya juga memberlakukan pemakaian seragam batik kepada siswa sekolah dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Sumenep.

“Pada hari-hari tertentu siswa berpakaian seragam sekolah batik Labang Mesem, sementara ASN setiap hari Selasa berpakaian batik Ganalan Billa Banten, juga pada kegiatan lain berpakaian batik,” ungkapnya.

Bupati dua periode itu berharap, even ini mampu memperkuat identitas daerah dan mengangkat citra batik khas Kabupaten Sumenep, supaya semakin populer di nusantara bahkan dunia internasional.

“Saya mengajak seluruh pihak ikut serta melestarikan dan mengembangkan batik Sumenep, salah satunya dengan cara memakai serta membeli produk batik Kabupaten Sumenep,” tutur suami Nurfitriana ini.

Bupati menyampaikan, guna mengembangkan batik sebagai industri masyarakat, Pemkab juga memberikan bantuan modal usaha melalui BUMN dan BUMD serta pelatihan kepada para pembatik.

“UKM dan Koperasi agar meningkatkan promosi kerajinan batiknya untuk melihat peluang meluaskan penjualannya, meskipun pemasaran batik hasil karya masyarakat Sumenep sudah banyak di luar daerah,” pungkasnya.

Untuk diketahui, sampai saat ini di Kabupaten Sumenep terdapat 46 industri batik, baik berbentuk kerajinan rumah tangga, Koperasi maupun UKM lainnya yang perlu terus ditingkatkan kuantitas maupun kualitas produksinya.

Reporter : Rosy
Editor : Arif

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.