Bupati dan Wakil Bupati Sumenep menghadiri langsung Festifal Ketupat di Pantai Slopeng

Sumenep, (Media Madura) – Festival Ketupat 2019 digelar di Pantai  Wisata Slopeng, Desa Semaan, Kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Rabu (12/6/2019).

Festival yang digelar Pemkab Sumenep dan dimulai sejak pukul 10.00 WIB pagi itu sukses menyedot ribuan wisatawan, mulai dari wisatawan lokal Madura hingga wisatawan luar.

Para pelancong nampak antusias mengikuti kegiatan sekaligus berlibur di salah satu pantai terkenal di Sumenep itu. Terlebih, penyelengara menyediakan sekitar 1.000 porsi ketupat urap yang bisa dinikmati secara gratis.

“Ini namanya menyelam sambil minum air, berliburnya saja sudah asyik, ada hiburannya juga ditambah dapat suguhan kuliner ketupat gratis,” ujar salah seornag pengunjung, Deyis (20).

Wisatawan asal Jember ini mengatakan, dirinya mengetahui adalanya Festival Ketupat di Sumenep sejak setahun lalu. Namun dirinya baru kesampaian berlibur saat ini yang bertepatan dengan kupatan kata orang Jawa.

“Kabarnya tahun lalu Festival ketutap berlangsung meriahnya. Makanya tahun ini saya sempatkan datang, kebetulan juga memang sedang silaturrahim ke Madura,” akunya.

Sementara Bupati Sumenep, A. Busyro Karim berharap, melalui acara ini selain dapat mendatangkan wisatawan juga diharapkan masyarakat mengembangkan tradisi lebaran ketupat. Sebab ini merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang perlu dilestarikan.

“Budaya ketupatan ini harus terus kita jaga kemurniannya, bahkan kami Pemkab Sumenep akan terus mengembangkan,” katanya.

Bupati juga berharap, festival tersebut mampu memberikan dampak positif secara ekonomi kepada masyarakat. Maka dari itu, pemerintah dalam hal penyediaan ketupat dalam festival ini bekerjasama dengan masyarakat sekitar pantai.

“Semua ketupat ini adalah dari masyarakat dan kita suguhkan semua secara gratis. Dari itu masyarakat mendapatkan dampak ekonomi,” tandasnya.

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.