Bupati Sumenep dan istri mencicipi kuliner ketupat salah satu peserta

Sumenep, (Media Madura) – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur akan kembali menggelar Festival Ketupat, Rabu (12/6/2019) besok. Festival akan dipusatkan di Wisata Pantai Slopeng, Kecamatan Dasuk.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep, Carto mengungkapkan, selain untuk memeriahkan momentum lebaran, festival ini juga masuk dalam even Visit Sumenep 2019.

“Kegiatan ini memang sengaja digelar bertepatan dengan lebaran Ketupat, tepatnya H+7 Idul Fitri atau hari Rabu besok,” kata Carto, Selasa (11/6/2019).

Kata Carto, kegiatan Festival Ketupat tahun lalu digelar di Pantai Wisata Lombang. Namun untuk tahun ini, tempat acara festival ketupat dipindah ke Pantai Wisata Slopeng.

“Pemindahan lokasi sudah dikomunikasikan dengan semua pihak. Di Pantai Slopeng kami rasa lokasinya lebih strategis dan lebih dekat dengan pemukiman masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, kegiatan Fetival Ketupat pada tahun ini sedikit berbeda dengan kegiatan festival yang sempat digelar tahun kemarin. Sebab kali ini lebih menekankan terhadap nilai-nilai tradisi dan produk lokal yang ada di lingkungan masyarakat.

“Target kami masyarakat sekitar lokasi lebih banyak yang ikut serta di dalamnya, menjadi bagian dan menikmati adanya kegiatan festival semacam itu,” paparnya.

Carto bilang, masyarakat wajib hadir memeriahkan even besok, karena akan ada bagi-bagi makanan gratis kepada pengunjung yang datang, hal itu dilakukan dengan cara memberdayakan pedagang yang ada di sana.

“Nanti kami akan kerjasama dengan sejumlah pedagang di lokasi, baik pedagang soto, rujak dan makanan lainnya untuk digratiskan kepada setiap pengunjung,” pungkasnya. 

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.