Sampang, (Media Madura) – Pengawasan terhadap penjualan makanan takjil di beberapa titik di Kota Sampang, Madura, Jawa Timur, masih minim. Pemerintah atau pun lembaga yang bertugas untuk mengawasi peredaran produk makanan yang berpotensi menggunakan bahan berbahaya belum mengambil tindakan.

Seharusnya pengawasan dilakukan selama memasuki bulan puasa, mengingat semakin menjamurnya para pedagang menjual makanan takjil. Seperti di Bazar Ramadhan yang berada di Monumen Trunojoyo.

Bazar inilah menjadi tempat favorit warga Sampang memburu makanan takjil sebagai menu berbuka puasa. Harga yang relatif terjangkau, juga beragam menu pilihan membuat pasar ini ramai pengunjung setiap tahunnya.

Namun siapa yang menyangka, pada tahun 2018 kemarin, BPOM Surabaya beserta Dinas Kesehatan Sampang menyisir ke lokasi takjil di Monumen. Alhasil, petugas menemukan makanan yang dijual warga mengandung boraks dan formalin.

Temuan itu setelah petugas BPOM menguji laboratorium secara langsung di lokasi dengan mengambil 26 sampel makanan. Jenis makanan yang positif mengandung boraks dan formalin yaitu krupuk, pentol, pempek, bandeng dan cincau.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Sampang Agus Mulyadi, mengaku hingga saat ini pihaknya belum melakukan sidak ke pedagang yang menjual makanan takjil. Ia beralasan karena kewenangan instansinya itu sebatas pembinaan kepada pedagang yang diketahui menjual makanan mengandung bahan berbahaya.

“Sampai saat ini masih belum, mungkin menunggu minggu depan ini,” terang Agus melalui saluran telepone, Senin (13/5/2019).

“Kalau kita kewenangannya pembinaan, untuk tahun ini sidak ke penjual makanan dengan BPOM dialihkan ke Disperindagtam, tapi kita tetap dalam posisi mengawasi bagaimana nanti kordinasinya,” imbuhnya.

Disis lain, Agus mengklaim bahwa pihaknya bekerjasama dengan masing-masing Puskesmas sudah melakukan pengawasan terhadap pedagang yang menjual makanan takjil.

Reporter : Ryan Hariyanto
Editor : Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.