Ilustrasi TBC (foto: google)

Sampang, (Media Madura) – Jumlah penderita penyakit Tuberkulosis atau yang dikenal TBC di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, cukup banyak. Selama kurun waktu tiga bulan saja, ratusan warga terserang penyakit yang menyerang paru-paru dan menyebar lewat udara.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Sampang Agus Mulyadi, melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Hanian Maria, mengatakan ada 182 orang menderita penyakit TBC. Jumlah itu terjadi sejak Januari hingga Maret 2019.

“Berdasarkan catatan Dinkes ada 182 orang penderita TBC,” kata Hanian, Rabu (10/4/2019).

Menurutnya, pemerintah terus berupaya menekan jumlah penderita TBC. Petugas kesehatan akan mengobati penderita hingga sembuh. Program pengobatan berjalan sampai enam bulan.

“Kami juga turun ke lapangan, penderita harus rutin minum obat sampai enam bulan, obatnya gratis dari pemerintah, kendalanya karena memang penderita tidak disipilin minum obat itu,” ujarnya.

Pihaknya meminta peran serta masyarakat bisa melaporkan dan memeriksakan diri bila ada gejala penyakit TBC. “Kesadaran masyarakat juga penting membantu menekan angka penderita TBC, saya yakin dan optimis tahun ini penderita TBC turun dari tahun sebelumnya,” pungkasnya.

Reporter : Ryan Hariyanto
Editor : Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.