Gempa 5,0 Guncang Sumenenep Tak Berpotensi Tsunami

Advertisement

[videopress eLmEu2jW]
Sumenep, (Media Madura) – Gempa bumi kembali mengguncang sebagian wilayan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Selasa (2/4/2019) sekitar pukul 08.22 pagi.

Hasil analisis Badan Meteologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa gempa bumi tersebut berkekuatan M=5,0 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=4,9.

“Benar, hari ini Kabupaten Sumenep diguncang gempa bumi tektonik, dengan kekuatan M=4,9 setelah dilakukan pemutakhiran,” kata Kepala BMKG Kalianget Sumenep, Usman Kholid dalam rilisnya.


Ditegaskan Usman, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,22 LS dan 114,56 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 83 km arah tenggara Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep, pada kedalaman 5 km.

“Tepatnya gempa berlokasi di laut pada jarak 83 KM tenggara kota Sumenep. Warga dihimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” pintanya.

Informasi yang didapat mediamadura.com, guncangan dari gempa bumi ini dirasakan di Pulau Sapudi dan Raas dalam skala intensitas III-IV MMI. Sedangkan di Kangean dan Arjasa warga melaporkan hanya merasakan getaran sebentar.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami, jadi masyarakat agar tetap tenang,” tandasnya.

Masih menurut keterangan BMKG, hingga pukul 08.46 WIB, hasil monitoring BMKG sudah terjadi gempa susulan (aftershock) sebanyak 2 kali berkekuatan M=3,0 dan M=3,6. Namun hingga kini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Reporter : Rosy
Editor : Ist

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here