Warga menerima bantuan air bersih dari BPBD Sampang di wilayah Desa Tanggumong Kota Sampang pada tahun 2018 lalu. (Doc/MM)

Sampang, (Media Madura) – Tanggal 22 Maret diperingati sebagai Hari Air Sedunia atau World Water Day, yang bertujuan menyadarkan manusia betapa pentingnya air bagi kehidupan kita dan kota.

Pada tahun ini Hari Air Sedunia mengangkat tema internasional “Leaving No One Behind” (Air untuk Semua: Tidak Meninggalkan Siapa pun).

Diyakini, beberapa daerah khususnya di Pulau Madura masih ada yang mengalami krisis air bersih, tak terkecuali di Kabupaten Sampang, Jawa Timur.

Menurut Aktivis Lingkungan di Kabupaten Sampang, Puji Raharjo, tema peringatan Hari Air Sedunia tahun ini tampaknya tidak cocok dengan kondisi di Kota Bahari. Pengamatannya, dalam jangka panjang sumber air bersih akan semakin hilang. Alasan itu disebabkan banyaknya kegiatan penambangan galian C di wilayah Kota Sampang yang sebagian telah menutupi sumber mata air.

“Tidak bisa dipungkiri kegiatan galian C yang dilakukan masyarakat membuat sumber mata air satu per satu hilang, justru pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kurang peduli terhadap lingkungan,” ucap Puji, Jumat (22/3/2019).

Kata Puji, banyaknya masyarakat melakukan aktivitas galian C yang tidak diimbangi upaya reboisasi atau penghijauan, membuat ekosistem menjadi rusak. Bahkan apabila masyarakat tidak dapat secara bersama-sama mengelola ekosistem ini sehingga bisa mengancam keberlangsungan hidup generasi selanjutnya.

“Maka itu mari kita bersama-sama menjaga dan mengelola ekosistem, kalau tidak dikelola dengan baik maka kemungkinan hilangnya sumber air di sejumlah desa lain di Sampang bisa dapat terjadi,” tuturnya.

Menanggapi itu, Plt Kepala DLH Sampang Faisol Ansori tidak berani berkomentar banyak. Hal tersebut dikarenakan pihaknya belum menganalisa sumber mata air yang terganggu akibat aktivitas penambangan galian C.

“Kami akan menindaklanjuti melalui konservasi agar suplai air bersih terselamatkan,” singkatnya.

Reporter : Ryan Hariyanto
Editor : Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.