Persiapan Pemilu 2019 di Sampang, Operasi Mantap Brata Semeru Digelar

Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat didampingi Kapolres AKBP Budhi Wardiman dan Dandim 0828 Letkol Czi Ary Syahrial melihat kesiapan personil keamanan pemilu saat gelar pasukan Operasi Mantap Brata Semeru, Jumat (22/3/2019). (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, (Media Madura) – Kepolisian Resor Sampang, Madura, Jawa Timur, menggelar apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata Semeru 2019 di Mapolres Jalan Jamaludin, Jumat (22/3/2019) pukul 08.00 WIB.

Gelar pasukan dalam rangka mengecek kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasarana menghadapi pengamanan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) serta Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019.

Kegiatan apel melibatkan petugas gabungan, TNI-Polri, Satpol PP, Linmas, dan Dishub. Serta dihadiri Forkopimda, instansi terkait, Kapolsek jajaran, Danramil, Bakesbangpol, dan KPU.

Apel gelar pasukan dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat. Beberapa point penting disampaikan Abdullah Hidayat saat membacakan amanat Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).

Diantaranya, Operasi Mantap Brata Semeru dilaksanakan untuk mewujudkan rasa aman kepada masyarakat dalam menyambut pemilu 2019 bersama sinergitas TNI-Polri dengan komponen bangsa lainnya guna mewujudkan wilayah yang kondusif.

“Kesiapan mental dan fisik dengan dilandasi moral serta kedisiplinan yang tinggi menciptakan pemilu serentak yang damai dan demokrasi,” ujar Abdullah Hidayat saat memimpin apel gelar pasukan, Jumat (22/3/2019).

Sementara Kapolres Sampang AKBP Budhi Wardiman, menegaskan TNI-Polri siap mengamankan pelaksanaan pemilu yang akan berlangsung pada 17 April 2019 mendatang. Masyarakat berhak dan wajib mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) untuk memberikan hak pilihnya pada Pileg dan Pilpres.

“Masyarakat harus penuh kegembiraan dan memberi kebebasan seluas-luas bagi setiap pemilih untuk menentukan pilihannya,” kata Budhi.

Dirinya menuturkan, untuk kesiapan petugas keamanan diterjunkan sebanyak 1.100 personel. Mereka akan mengamankan di 3.690 TPS di 14 Kecamatan. Sedangkan, wilayah yang diaggap rawan berada di Pulau Mandangin Kota Sampang dan Kecamatan Karang Penang.

“Semua wilayah ada rawan, tapi kategori rawan ini biasanya berdasarkan dari jumlah DPT yang tertinggi seperti Pulau Mandangin dan Karang Penang, semoga pesta demokrasi ini berjalan dengan aman dan kondusif,” tandasnya.

Reporter : Ryan Hariyanto
Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.