Kepala DPMD Sumenep, A. Masuni

Sumenep, (Media Madura) – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur hingga kini belum menjadwal pasti kapan akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2019.

“Jadwal pelaksanaannya masih belum, ya sekitar bukan 10 (Oktober) atau bulan 11 (November) lah, kita masih lihat kemampuan keuangan dan pengamanan dulu,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, A. Masuni.

Bahkan, pihaknya belum mengetahui apakah Pilkades tahun ini akan dibagi dua tahap atau langsung serentak dalam satu hari. Namun, kata Masuni, saat ini sudah dalam tahap pembentukan tim kabupaten, termasuk soal pengamanan.

“Saat ini kita masih menyusun tim Kabupeten, selanjutnya akan melangkah untuk penyusun pengamanannya dengan kepolisian,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut mantan Kepala Dinas Pendidikan ini, pihaknya bersama tim masih akan merampungkan draf tahapan penyelenggaraan, termasuk soal besaran pembiayaan pelaksanaannya.

“Kita masih akan bincangkan di tim Kabupaten dulu, mungkin bulan April kita selesaikan itu, Bulan Mei kita akan laksanakan sosialisasinya di setiap desa,” paparnya.

Masuni memamaparkan, ada sekitar 226 desa di Kabupaten Sumenep, akan mengikuti Pilkades serentak di tahun 2019. Ke 226 desa yang bakal malaksanakan Pilkades serentak tersebar di sejumlah kecamatan yang habis masa jabatannya.

Di antaranya, Desa Sapeken, Kecamatan Sapeken, Desa Andulang, Kecamatan Gapura, Desa Lalangon, Kecamatan Manding, dan Desa Pordapor, Kecamatan Guluk-Guluk, Kecamatan Giligenting, dan beberapa desa lainnya.

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.