Ketua Bawaslu Sumenep, Anwar Noris

Sumenep, (Media Madura) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur tengah mencari dan menelusuri kemingkinan Warga Negara Asing (WNA) yang masuk ke Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019. 

Namun kata Ketua Bawaslu Sumenep, Anwar Nuris, hingga saat ini belum ditemukan WNA masuk DPT, meski ia mengakui ada beberapa WNA yang tinggal di Sumenep. 

“Penelusuran kami, memang ada WNA di Kecamatan Rubaru dan Batuputih. Namun, WNA tersebut dipastikan tidak masuk DPT,” terang Noris, Kamis (14/3/2019).

Kendati demikian, pihaknya masih akan terus berupaya menelusuri terkait ada tidaknya WNA punya hak pilih. Untuk itu, pihaknya juga butuh masukan dan informasu dari masyarakat tentang keberadaan WNA.

“WNA yang tinggal di Sumenep sudah pasti ada, tapi yang masuk ke DPT belum kami temukan. Kalau nanti kami menemukan, pasti kami tindak lanjuti,” tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Komisioner KPU, Rahbini. Menurutnya, memang banyak WNA yang tinggal di Sumenep, tapi hasil koordinasi pihaknya dengan jajarannya di bawah, tidak ada yang masuk DPT.

“Seperti karyawan migas memang banyak yang bule, tetapi belum ditemukan masuk DPT. Termasuk WNA asal Pakistan Rubaru dan asal India di Batuputih, mereka tidak masuk DPT,” pungkasnya. 

Sekedar untuk diketahui, jumlah DPT Sumenep untuk Pemilu 2019 sebanyak 872.764 orang, terdiri dari 410.522 laki-laki dan 462.242 perempuan. Mereka akan menyalurkan hak suaranya di 4.315 TPS plus 5 TPS tambahan di Rutan dan Ponpes Al-Amin Prenduan. 

Reporter : Rosy
Editor : Ist

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.