Ketua KPU Kabupaten Pamekasan, Mohammad Hamzah

Pamekasan, (Media Madura) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan, Madura, Jawa Timur menemukan sebanyak 323 surat suara (SS) untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Wakil Presiden cacat atau rusak.

Dikatakan oleh Ketua KPU Pamekasan, Moh Hamzah, rusaknya surat suara dengan simbol warna abu-abu beragam, mulai kertasnya sobek hingga cacat lainnya sehingga mengharuskan disortir atau dipilah.

“Kami temukan surat suara untuk Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden sebanyak 323 lembar,” katanya, Senin (11/3/2019) siang.

Namun Hamzah menambahkan, belum bisa memastikan angka surat suara rusak dari kertas surat suara DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota sebab saat ini proses penyortiran masih berlangsung.

“Untuk DPR RI, DPD, DPRD Jatim, hingga DPRD kabupaten kami tidak bisa menyebutkan angka kerusakannya karena penyortiran belum selesai,” tambahnya.

Sesuai target penyortiran surat suara pemilu 2019 itu diperkirakan tuntas pada akhir sebelum 20 Maret 2019 mendatang dan sudah berlangsung sejak Senin (25/2/2019) lalu oleh 150 orang.

150 tenaga sortir itu akan mengerjakan sebanyak 6.741 kotak per kotak berisi 500 lembar surat suara. Sedangkan untuk pilpres isinya masing-masing kotak, sebanyak 2 ribu karena ukuran kertas suaranya lebih kecil.

“Para penyortir ini terbagi dalam lima kelompok, yakni, pelipatan surat suara untuk pilpres, DPRI, DPD, DPRD Jatim dan surat suara DPRD kabupaten,” tutup Hamzah.

Reporter : Ahmad Rifqi
Editor : Ist

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.