KPU Sumenep Temukan Kotak Suara Sobek dan Bolong

Tumpukan kotak suara di gudang KPU Sumenep yang belum dirakit

Sumenep, (Media Madura) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mulai melakukan sortasi surat suara dan perakitan kotak suara. 

Hasilnya, sementara ini KPU telah menemukan 4 (empat) kotak suara untuk Pemilu 2019 yang memang berbahan kardus dalam kondisi rusak dan tak layak pakai.

Ketua KPU Sumenep, A. Warits menuturkan, proses merakit sekaligus menyortir kotak suara sudah pihaknya lakukan sejak tiga hari lalu, tepatnya Selasa (12/2/2019).

Sejauh ini, yang pihaknya temukan, baru ada empat kotak suara yang rusak, karena sobek dan bolong.

“Jumlah itu masih bisa bertambah. Sebab perakitan sekaligus inventarisir kotak suara berbahan kardus ini masih berlangsung,” terangnya, Kamis (14/2/2019).

Selanjutnya, untuk kotak suara yang rusak itu akan dilaporkan ke KPU Provinsi Jawa Timur setelah perakitan dan inventarisir kotak suara selesai secara keseluruhan.

“Kalau proses merakit dan menyortir selesai, baru kami akan laporkan kotak suara rusak ke KPU Provinsi Jatim sesuai prosedur yang berlaku, agar diteruskan ke pihak ketiga atau rekanan pembuat kotak suara untuk diganti,” ungkapnya.

Kata Warits, kotak suara yang tengah proses perakitan total berjumlah sekitar 21.575 kotak yang nantinya akan disebar ke 4.315 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Sumenep. 

“Jadi, masing-masing TPS akan mendapat lima kotak suara untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPRD Sumenep, DPRD Jawa Timur, DPR RI serta DPD,” terangnya.

Untuk mengantisipasi adanya kerusakan pasca dirakit, misalnya lembab akibat musim penghujan, mantan Ketua Lakpesdam NU Sumenep ini mengklaim, KPU sudah memasang alas di bawah susunan kotak suara.

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.