Puluhan warga bergotong royong memperbaiki jalan rusak di Jalan Suhadak Kelurahan Dalpenang Kota Sampang, Senin (11/2/2019). (Ryan Hariyanto/MM)

Sampang, (Media Madura) – Warga Kelurahan Dalpenang, Kota Sampang, Madura, Jawa Timur, gotong royong memperbaiki kondisi jalan yang rusak parah di Jalan Suhadak Gang 2, menggunakan swadaya masyarakat setempat, Senin (11/2/2019).

Jalan yang memprihatinkan itu dipasang batu gunung atau sirtu agar tetap bisa dilewati. Batu ditumpuk secara merata dengan alat seadanya. Sistem tambal ini diyakini mampu membuat awet jalan yang sudah rusak.

Ada sekitar 300 meter jalan yang rusak. Karena terbatas dana, warga hanya mampu memperbaiki 50 meter jalan secara sukarela. Mengingat di sepanjang jalan terdapat lubang yang dalam hingga menyebabkan korban jiwa saat pengendara melintas.

“Jalan yang rusak itu sudah lama, awalnya karena ada galian pipa PDAM, semakin hari semakin rusak parah akhirnya warga memperbaiki dengan swadaya,” ujar Ketua RT 01 RW 05 Kelurahan Dalpenang Pak Karjo.

Karjo mengatakan, kondisi jalan rusak itu sebenarnya sudah diusulkan dan dibahas pada Musrenbangcam. Namun, sampai saat ini jalan penghubung antar kelurahan tersebut tak kunjung ada perbaikan dari pemerintah.

Tak ingin banyak korban, warga terpaksa memperbaiki secara sukarela. Warga mengharapkan tindak lanjut dari pemerintah untuk segera memperbaiki jalan yang rusak parah tersebut.

“Sudah terjadi dua kali kecelakaan dan meninggal dunia,” tuturnya.

Sementara Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPRKP) Sampang Abd Hannan, melalui Kabid Kawasan Permukiman Candra Romadhoni Amin, menyampaikan pihaknya sudah mengetahui kondisi jalan rusak di Jalan Suhadak. Dipastikan tahun ini jalan itu akan segera diperbaiki.

“Kita sudah menganggarkan dana sebesar Rp 500 juta dengan kegiatan rabat beton, mudah-mudahan dalam waktu dekat pelaksanaannya cepat tidak molor seperti tahun sebelumnya,” tegas Candra ditemui di kantornya.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.