Pasar Sapi (Dok/MM)

Pamekasan, (Media Madura) – Keberadaaan dokter hewan di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, minim. Demikian diungkapkan, Kasi Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Pamekasan, Ahmad Fathul Qorib.

Dia menjelaskan, saat ini Pamekasan baru punya tujuh dokter hewan yang tersebar di 13 kecamatan. Idealnya, setiap kecamatan memiliki satu dokter hewan.

“Pamekasan seharusnya mempunyai 13 dokter hewan, ini jauh dari pada kebutuhan yang ada,” katanya, Senin (4/2/2019).

Diakui, dari tujuh dokter yang ada, baru dua orang yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS), sementara sisanya berstatus honorer. Menurutnya, sejak 2019 silam, instansinya mengusulkan rekrutmen dokter hewan, tetapi tidak dikabulkan.

“Baru saja kemarin ada rekrutmen dan satu orang lulus, awalnya kan hanya 6 dokter, sekarang jadi 7 dokter hewan,” tambahnya.

Di kabupaten berslogan Gerbang Salam itu saat ini memiliki 4 UPT Kesehatan Hewan. Setiap UPT membawahi 3 sampai 4 kecamatan. Artinya, 7 dokter yang sekarang bertugas di 4 UPT itu melayani kesehatan hewan milik masyarakat di 13 kecamatan.

“Memang keberadaan dokter hewan sangat tidak ideal, tapi mau bagaimana lagi. Meskipun dokter hewan minim, pelayanan kepada masyarakat selama ini tetap optimal, ” klaim Fathul Qorib.

Reporter: Ahmad Rifqi
Editor: Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.