Gubernur Jatim Soekarwo, Bupati Slamet Junaidi dan Wakil Bupati Sampang Abdullah Hidayat serta Wakil Ketua DPRD Fauzan Adima (kanan) dalam sidang paripurna serah terima jabatan, Kamis (31/1/2019). (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, (Media Madura) – Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menyampaikan visi misi pemerintahannya selama lima tahun ke depan pada Sidang Paripurna DPRD Sampang di hari pertama bertugas pasca dilantik kemarin.

Selain penyampaian visi misi, dalam sidang tersebut juga dilaksanakan serah terima jabatan Bupati Sampang periode 2019-2024 yang berlangsung di Pendopo Jalan Wijaya Kusuma, Kamis (31/1/2019).

Wakil Ketua I DPRD Sampang Fauzan Adima mengatakan, agenda serah terima jabatan dan penyampaian visi misi Bupati digelar sesuai ketentuan yang tertuang dalam Surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) No.131.35-10 Tahun 2019 tertanggal 02 Januari 2019 tentang pengangkatan Bupati-Wakil Bupati Sampang Provinsi Jawa Timur periode 2019-2024.

“Dalam surat tersebut disampaikan, setelah serah terima jabatan Bupati dalam rapat paripurna DPRD Sampang dilanjutkan dengan penyampaian visi misi,” kata Fauzan memimpin sidang paripurna, Kamis (31/1/2019).

Dia berharap, pada masa kepemimpinan Slamet Junaidi-Abdullah Hidayat, senantiasa amanah dalam menjalankan tugas, penuh dedikasi dan loyalitas sebagai nakhoda dalam penyelenggaraan pemerintahan Sampang untuk lima tahun ke depan.

“Atas nama pimpinan dan seluruh anggota DPRD mengucapkan selamat dan sukses kepada bupati dan wakilnya, dengan iringan doa selama masa lima tahun bisa melaksanakan visi misinya dalam membangun Sampang kearah lebih baik,” ungkapnya.

Bupati Sampang Slamet Junaidi dalam paparannya, menyampaikan visi yang diusung pemerintahannya untuk lima tahun ke depan adalah ”Sampang Hebat dan Bermartabat”. Visi ini akan dijabarkan dalam RPJMD tahun 2019-2024. RPJMD tersebut akan memuat visi dan program kerja selama lima tahun kedepan.

Makna Hebat adalah gambaran suatu keberhasilan pembangunan yang dilakukan melalui proses perubahan yang cepat, tepat, dan bermanfaat dengan semangat bangkit bersama dan bersatu menuju masyarakat sejatera.

Sedangkan, Bermartabat adalah perwujudan keadaan masyarakat yang mandiri, maju, berakhlak mulia yang senantiasa berlandasan taqwa kepada Allah SWT/Tuhan yang maha esa.

Perwujudan visi pembangunan, ditempuh melalui misi untuk mewujudkan SDM yang berbakat dan bersaing, mengembangkan kemandirian ekonomi daerah dan desa berbasis pengelolaan potensi lokal dan ekonomi kreatif, meningkatkan pembangunan infrastruktur yang berkualitas dan berkelanjutan.

Kemudian, lanjut Slamet Junaidi sapaan H. Idi, memperkuat tata kelola pemerintahan dan desa yang akuntabel serta transparan berorientasi pelayanan publik, mewujudkan keharmonisan kehidupan masyarakat yang waspada, tanggap, tertib damai, dan bersatu.

“Kami berharap penjelasan visi misi ini dapat menyatukan pemahaman antara Pemkab Sampang dengan DPRD setempat dalam menghantarkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat dalam kurun waktu lima tahun ke depan,” paparnya.

Rapat paripurna itu dihadiri Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Bupati se-Madura, mantan Pj Bupati Sampang Jonathan Judianto, mantan Bupati Sampang Fadhilah Budiono, Forkopimda, DPRD, Camat, seluruh Kades, tokoh agama, dan tamu undangan lainnya.

Soekarwo mengungkapkan, kunci pembangunan Sampang berjalan maksimal yaitu menjaga dan menjalin kekompakan antar eksekutif dan legislatif, Forkopimda, termasuk seluruh elemen masyarakat dan media. Selain itu, kekompakan tetap terus terjaga dengan para alim ulama, mengingat daerah Madura khususnya Sampang yang melekat dengan kultur agama.

“Jangan sampai telepone pak bupati dan wakilnya dimatikan terus agar ada komunikasi yang terjaga dan kompak, sehingga dengan bersama-sama maka 50 persen pembangunan berjalan dengan maksimal,” tandasnya.

Reporter : Ryan Hariyanto
Editor : Ist

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.