Lima kawanan curanmor yang beraksi di Kabupaten Sampang digiring petugas saat konferensi pers di Mapolres Jalan Jamaludin, Selasa (22/1/2019). (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, (Media Madura) – Kepolisian Resort Sampang, Madura, Jawa Timur, berhasil meringkus lima pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang selama ini beraksi di wilayah Kabupaten Sampang. Dalam aksinya, salah satu tersangka itu telah mencuri 10 unit sepeda motor dalam satu bulan.

Kelima pelaku pencurian adalah Zakaria (25), Abdul Faki (18), Farhan (25). Ketiganya warga Jalan Mangkubumi Kota Sampang. Sedangkan, Madrodi (40) warga Jalan Kemayoran Baru Kota Surabaya, dan Efendi (18) warga Desa Anggersek Kecamatan Camplong, Sampang.

Kapolres Sampang AKBP Budhi Wardiman, mengatakan pelaku curanmor yang meresahkan warga itu kini sudah diamankan. Mereka ditangkap di waktu dan tempat berbeda setelah beraksi di wilayah Sampang.

“Hasil pengembangan sementara tersangka Zakaria ini pernah mencuri 10 unit sepeda motor di TKP berbeda dalam kurun waktu satu bulan, pelaku komplotan dengan Abdul Faki dan Farhan,” ungkapnya kepada wartawan, Selasa (22/1/2019).

Saat diinterogasi, motor matic menjadi menjadi incaran para pelaku kejahatan motor. Alasannya, hanya karena lebih mudah saat beraksi.

Kata Kapolres, pelaku biasanya mencuri di sebuah tempat parkir masjid, parkiran sekolah, hingga alun-alun Wijaya Kusuma Sampang. Pelaku nekat mencuri untuk mendapatkan uang dengan ratusan juta. Hasilnya akan dibagi dengan komplotan mereka.

“Setelah banyaknya laporan masyarakat anggota menindaklanjuti untuk menangkap kawanan pencuri ini,” jelasnya.

Dari tangan pelaku, polisi mengamankan barang bukti hasil kejahatan berupa motor matic. Kunci T yang selama ini digunakan juga turut diamankan.

“Kelima tersangka dijerat pasal 363 ayat 1 4e dan 5e KUHP dengan ancaman selama – lamanya 7 tahun penjara,” tegasnya.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.