Paslon bupati dan wakil bupati terpilih Slamet Junaidi dan Abdullah Hidayat (Jihad) saat mendaftar ke KPU Sampang. (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, (Media Madura) – Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Pemkab Sampang, Madura, Yulis Juwaidi, mengungkapkan hasil rapat koordinasi dengan Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Provinsi Jawa Timur dipastikan pelantikan bupati dan wakil bupati Sampang terpilih akan dilantik pada 30 Januari mendatang.

“Jadi hasil rapat yang digelar Jumat (18/1) kemarin, paslon Jihad (Slamet Junaidi-Abdullah Hidayat) akan dilantik oleh Gubernur Jatim Soekarwo pada Rabu 30 Januari 2019,” kata Yulis dibalik telepon.

Pelantikan bupati dan wakil bupati Sampang terpilih itu akan dilakukan bersama pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Probolinggo. Dilanjutkan dengan pelantikan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah dan Ketua Tim Penggerak PKK.

“Kedua jabatan tersebut dipimpin oleh Istri bupati terpilih, kegiatannya berlangsung di Gedung Grahadi Surabaya pukul 09.00 WIB,” jelasnya.

Menurutnya, usai pelantikan nantinya seremonial serah terima jabatan dari bupati lama ke bupati baru akan digelar di Pendopo Bupati Sampang Jalan Wijaya Kusuma. Waktu serah terima jabatan selambat-lambatnya 14 hari pasca pelantikan.

Yulis menerangkan, rencana pelantikan paslon Jihad dan Wali Kota Probolinggo diundur selama dua hari kedepan dari agenda sebelumnya yakni tanggal 28 Januari.

Alasan itu disebabkan karena di waktu bersamaan akan ada kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo ke Jawa Timur untuk menghadiri acara Asosisasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI).

“Itulah alasan kenapa diundur dua hari kedepan,” tandasnya.

Diketahui, pelaksanaan Pilkada Sampang 2018 diikuti tiga pasangan colon. Nomor urut 1, Slamet Junaidi – Abdullah Hidayat (Jihad). Urut 2, Hermanto Subaidi – Suparto (Mantap), dan nomor urut 3 Hisan – Abdullah Mansyur (Hisbullah).

Hasilnya, paslon Jihad mengungguli dari kedua lawan rivalnya. Paslon yang diusung oleh partai NasDem, Golkar, PDI-P, PKS, dan PPP, ini memperoleh suara terbanyak dengan 307.126 suara atau 53 persen. Sedangkan, Mantap memperoleh 245.768 suara atau 43 persen. Kemudian, Hisbullah mendapat 24.746 suara atau 4 persen.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.