Kepala Dinkes Kabupaten Pamekasan, Ismail Bey

Pamekasan, (Media Madura) – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur akan dijadikan badan layanan umum daerah (BLUD).

Hal itu diungkapkan, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan, Ismail Bey. Menurutnya, instansinya sudah siap menjadikan Puskesmas sebagai BLUD. Pihaknya, akan memverifikasi Puskesmas yang sudah memiliki pelayanan dan SDM mumpuni.

“Penerapan akan dilakukan secara bertahap. Nanti ada Puskesmas percontohan yang bisa dicontoh Puskesmas lain,” katanya, Selasa (15/1/2019).

Munurut Bey, Dinkes dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat sudah bersinergi untuk menjadikan Puskesmas sebagai BLUD. Tahun ini ditarget sudah ada Puskesmas yang dibentuk BLUD.

“Sudah ada kesepakatan antara Dinkes dan DPRD, raperda akan diajukan bulan ini,” tambahnya.

Sementara anggota Komisi IV DPRD Pamekasan, Al Anwari mengakui, bahwa hal tersebut sudah ada pembahasan bersama. Saat ini, pihaknya juga menjalin komunikasi dengan Bapemperda dan Kabag Hukum. Target raperda dalam tiga bulan ke depan sudah klir. Sebab, masih ada tahapan-tahapan untuk mengesahkan raperda tersebut.

“Seperti kajian di Bapemperda, pembentukan pansus, dan diajukan di paripurna. Sebelum pileg semoga selesai,” katanya.

Jika payung hukum sudah ada, politikus PKS itu akan meminta Dinkes memverifikasi puskesmas-puskemas yang akan dibentuk BLUD. Kendati demikian, tidak semua Puskesmas serentak dijadikan BLUD. Hanya Puskesmas yang siap. Khususnya puskesmas-puskesmas yang sudah terakreditasi paripurna.

“Puskesmas lainnya menyusul sambil berbenah dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Sebab, pada 2020 kami menginginkan semua Puskesmas sudah BLUD,” terangnya.

Ketika Puskesmas sudah BLUD, diklaim pelayanan akan lebih maksimal dan prima. Puskesmas juga bisa mengelola anggaran, pengelolaan, dan mengembangkan SDM secara mandiri tanpa bergantung ke Dinkes lagi.

Reporter: Ahmad Rifqi
Editor: Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.